facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Hewan Paling Setia Pada Pasangannya, Nomor 4 Kok Bisa Sih Masuk Daftar?

Pebriansyah Ariefana Rabu, 26 Januari 2022 | 16:17 WIB

6 Hewan Paling Setia Pada Pasangannya, Nomor 4 Kok Bisa Sih Masuk Daftar?
Seekor buaya liar berada di dekat bola yang jatuh di sekitar Sungai Palu di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/11/2021). [ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah]

Ada sejumlah hewan yang setia dengan pasangannya. Mereka tidak akan berganti pasangan, hingga pasangannya itu mati.

SuaraJogja.id - Ternyata bukan hanya manusia saja satu-satunya spesies yang bisa setia pada pasangannya, hewan pun punya naluri alami untuk setia sampai mati pada pasangannya.

Hewan paling setia ternyata bukan hanya dari spesies yang jinak saja, Ada juga hewan yang dikategorikan buas, namun memiliki naluri kesetian yang bisa dicontoh.

Berikut adalah ulasan sejumlah hewan paling setia pada pasangannya, di antaranya:

1. Buaya

Baca Juga: Krisis Daging Babi, Daging Buaya Kini Jadi Buruan Masyarakat Thailand

Dalam sebuah penelitian oleh Savannah River Ecology Laboratory, disebutkan bahwa 70 persen buaya selalu memilih pasangan yang sama setiap musim kawin tiba.

Buaya hanya akan kawin sekali dalam hidupnya sebagai bentuk kesetiaan pada pasangannya. Ini bertolak belakang dengan istilah buaya darat yang sering dialamatkan kepada pria yang tidak setia, atau hidung belang.

2. Serigala

Serigala termasuk hewan yang berkelompok dan buas. Namun di balik kebuasannya, ternyata serigala termasuk dalam golongan hewan yang setia pada pasangannya sampai salah satu diantaranya mati.

Jika pasangan serigala tersebut suda mati, maka barulan serigala tersebut mencari pasangan baru.

Baca Juga: Warga Tombak Buaya Kali Ayuka, Muntahkan Potongan Tubuh Manusia

3. Angsa

Siapa yang tidak mengetahui jika kedua kepala angsa bila disatukan akan mementuk simbol cinta atau hati? Nah simbol tersebut seakan menjelaskan jika hewan ini identik dengan cinta dan kesetiaan.

Namun, mereka juga kan bercerai karena berbagai alasan, diantaranya karena kegagalan bersarang, pasangannya mati atau menjadi pemangsa predator.

4.  Rayap

Sulit dipercaya jika rayap merupakan hewan yang paling setia, karena dilihat dari banyaknya jumlah hewan tersebut dan cenderung berkelompok.

Dari banyaknya kawanan, seekor ratu rayap hanya akan kawin dengan satu jantan lalu menyimpan gamet seumur hidup, Namun si jantan tak lama akan mati dan si ratu tidak akan kawin lagi.

5. Berang-berang raksasa

Induk berang-berang sangat agresif jika sedang melindungi anak-anaknya, dengan membuat sarang di darat saat melahirkan. Sekali melahirkan, seekor induk berang-berang bisa langsung memiliki enam ekor anak.

Berang-berang termasuk hewan yang berkelompok dan mereka sering terlihat bergandengan saat tidur di tepi sungai. Sikap romantis dan hangat ini dilakukan agar mereka tidak kehilangan antara satu dan lainnya.

6. Rubah

Rubah merupakan hewan yang senang bersosialisasi mengunakan sinyal suara,visual dan taktik dalam berkomunikasi dengan pasangannya,

Rubah abu-abu merupakan hewan monogami dan hanya memiliki satu psangan saja dalam hidupnya.

Namun ketika berkembiang biak atau bukan musim kawin, mereka akan memisahkan diri satu dan yang lainnya dan induknya akan memiliki keturunan dua sampai tujuh ekor anak.

Demikian contoh hewan yang paling setia pada pasangannya, semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait