facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penampakan Lambang Bintang di Dada Superhero Gatotkaca Disebut Mirip Captain Marvel, Ternyata Ini Faktanya

Galih Priatmojo Rabu, 23 Februari 2022 | 14:21 WIB

Penampakan Lambang Bintang di Dada Superhero Gatotkaca Disebut Mirip Captain Marvel, Ternyata Ini Faktanya
first look teaser superhero Gatotkaca. [Satria Dewa Studio / YouTube]

Publik sempat memperdebatkan mengenai lambang bintang di dada film superhero Gatotkaca dengan superhero Marvel yakni Captain Marvel yang disebut mirip.

SuaraJogja.id - First look teaser film superhero Gatotkaca baru saja dirilis. Klip yang menampilkan sosok jagoan legendaris di jagad pewayangan itupun mencuri perhatian hingga trending di Twitter.

Tak sedikit dari publik yang menyambut antusias penampakan sosok Gatotkaca dalam first look teaser yang dirilis sejak kemarin. Beberapa bahkan berdebat mengenai lambang bintang di dada Gatotkaca yang disebut mirip dengan lambang bintang di dada superhero Marvel yakni Captain Marvel.

Menengahi perdebatan yang muncul soal lambang bintang di dada Gatotkaca yang dibandingkan dengan Captain Marvel itu, pemilik akun @sinema911 pun memberikan ulasan mengenai fakta lambang bintang tersebut.

Lewat utas yang didedahkan di akun Twitternya, ia menjelaskan bahwa sosok Gatotkaca bermuasal dari kisah Mahabharata yang ditulis oleh begawan Wyasa dari India. Kisah tersebut kemudian berkembang seiring menyebarnya agama Hindu termasuk ke Indonesia.

Baca Juga: Moon Knight Tampilkan Sisi Gelap Marvel Cinematic Universe

"Diperkirakan kisah Mahabharata masuk ke Indonesia sejak abad ke-4 hingga abad ke-14 yang kemudian mengalami asimilasi budaya, perubahan penokohan bahkan deskripsi visual. Sehingga tokoh Gatotkaca India dan Indonesia sangat berbeda dari tampilan visualnya dan juga kisah asal usulnya," tulis akun tersebut.

Ia memperjelas perbedaan Gatotkaca India dengan Indonesia terutama dari fisik yang bersangkutan. Dimana Gatotkaca India divisualkan berkepala botak serta membawa senjata gada.

Sementara Gatotkaca Indonesia tampil dengan rambut digelung, berkumis serta tanpa membawa gada.

"Sementara Gatotkaca Indonesia sering divisualkan berdasarkan bentuk wayang kulitnya, yakni berambut gelung, berkumis tanpa senjata gada dan memiliki simbol bintang di dada," terangnya.

Bintang di dada Gatotkaca dipercaya merupakan simbol Nawa Sangha, yakni simbol sembilan penguasa di setiap penjuru mata angin dalam konsep agama Hindu.

Baca Juga: Serial Marvel Bakal Hilang dari Netflix, Dialihkan ke Disney

"Sembilan penguasa itu merupakand ewa Siwa yang dikelilingi oleh delapan aspeknya," lanjutnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait