facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Suara Gemuruh Misterius dari Langit Gegerkan Sejumlah Warga DIY, Ini Penjelasan Kepala Stasiun Meteorologi YIA

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Rabu, 09 Maret 2022 | 18:27 WIB

Suara Gemuruh Misterius dari Langit Gegerkan Sejumlah Warga DIY, Ini Penjelasan Kepala Stasiun Meteorologi YIA
Ilustrasi Langit Siang. (Pixabay)

suara gemuruh di langit DIY gegerkan warga.

SuaraJogja.id - Sejumlah warga di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) digegerkan dengan suara gemuruh di langit pada Rabu (9/3/2022) pagi. Banyak yang kemudian menerka-nerka darimana datangnya suara gemuruh misterius itu. Salah seorang warga Turi, Sleman Dwi Iswahyudi (29) mengaku memang mendengar suara gemuruh tadi pagi. Kendati tidak dapat memastikan suara apa namun ia menyebut suara itu bersumber dari atas atau dari langit. 

"Iya terdengar gembruduk gitu. Mirip pesawat gitu tapi bukan yang pesawat komersil," kata Dwi saat dikonfirmasi awak media, Rabu (9/3/2022).

Disampaikan Dwi, suara itu terdengar pada sekitar pukul 10.15 WIB pagi. Ia sempat berkomunikasi dengan sejumlah rekannya di daerah lain ternyata mendengar suara yang sama. 

"Dari timur menuju barat (suara gemuruh). Terdengar di Godean dan Minggir, juga di wilayah Magelang dan Kulon Progo," ujarmya.

Baca Juga: Viral Pemilik Mobil Tesla Syok Lihat Tagihan Isi Ulang Baterai, Tembus Rp 8,6 Miliar Coy!

Suara gemuruh misterius di langit DIY tadi pagi bahkan sempat menjadi perbincangan warganet di Twitter. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta International Airport (Stamet YIA) Warjono menyatakan berdasarkan pengamatan hari ini suara gemuruh itu tidak berkaitan dengan fenomena alam apapun.

"Kami tidak mendeteksi adanya aktivitas alam yang mengeluarkan suara dentuman di sekitar Yogyakarta. Baik dari kegempaan maupun fenomena cuaca," ujar Warjono.

Disampaikan Warjono, pihaknya juga belum bisa memastikan lebih jauh apakah suara misterius itu berasal dari pesawat atau bukan. Ia sendiri mengaku tidak mendengar suara gemuruh atau dentuman yang dibicarakan itu secara langsung.

"Nggak mendengar (dentuman), cuma kalau pesawat tempur lewat iya mendengar. Tapi belum (bisa memastikan). Kebanyakan orang yang bilang dalam group WA bersumber dari pesawat tempur," ungkapnya. 

Baca Juga: Viral Cewek dan Cowok Tak Sengaja Bertabrakan saat Main Voli, 'Olahraga Membawa Cinta'

Sementara itu, akun Twitter resmi dari Dinas Komunikasi dan Informatika DIY juga menanggapi viralnya suara gemuruh yang menghebohkan masyarakat itu. Dalam cuitannya, dipastikan bahwa peristiwa tadi pagi tidak berkaitan dengan aktivitas Gunung Merapi

"Terkait suara dentuman terdengar oleh sebagian besar masyarakat di DIY dan sekitarnya pada pukul ±10.00 WIB, disampaikan oleh @BPPTKG bahwa kejadian tersebut tidak berkaitan dengan #Merapi. Seismogram stasiun PUSS pukul ±10.00 tidak menunjukkan aktivitas yangg signifikan," tulis akun @kominfodiy.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait