facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tiga Hari Jelang MotoGP Mandalika, 278 Bus Gratis Siap Antar-Jemput Penonton

Eleonora PEW Selasa, 15 Maret 2022 | 20:55 WIB

Tiga Hari Jelang MotoGP Mandalika, 278 Bus Gratis Siap Antar-Jemput Penonton
Foto udara sejumlah pekerja mengerjakan pengaspalan ulang tikungan ke-17 lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.

Pemerintah juga menyiapkan 287 armada shuttle bus untuk mengantar dan menjemput penonton dari parkir barat dan parkir timur.

SuaraJogja.id - Sebanyak 278 bus gratis dipastikan siap mengantar dan menjemput penonton MotoGP menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18-20 Maret 2022. Kepastian ini disampaikan Komandan Lapangan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP di Mandalika Marsekal TNI (Purn) Hadi Cahyanto.

"Ada 278 shuttle bus sudah disiapkan khusus untuk mengangkut penonton di sejumlah titik penjemputan menuju sirkuit baik menuju parkir timur atau diparkir barat. Jumlah itu belum termasuk kendaraan dari Angkutan Sewa Khusus (ASK) maupun Angkutan Sewa Umum (ASU)," kata Hadi usai rapat koordinasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas dan Manajemen Roda Transportasi pendukung pelaksanaan ajang MotoGP bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pemprov NTB, dan sejumlah asosiasi lainnya di Mataram, NTB, Selasa.

Selain itu, untuk transportasi menuju areal sirkuit, kata Hadi, pemerintah juga menyiapkan 287 armada shuttle bus untuk mengantar dan menjemput penonton dari parkir barat dan parkir timur.

"Nanti penonton akan diantar ke gate 1, gate 2 atau gate 3 menggunakan kendaraan yang sudah disiapkan. Jumlahnya 287 bus," ujarnya.

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika 2022, Murid Valentino Rossi Promosikan Indonesia ke Seluruh Dunia

Oleh karena itu, untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas serta pengangkutan penonton dengan aman dan nyaman pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah stakeholder yang ada hubungannya dengan transportasi.

"Kita koordinasi dengan Dirjen Perhubungan Darat, Kadis Perhubungan, Dirlantas Polda NTB bagaimana mengatur arus yang aman dan nyaman, karena jumlah penonton ini 60 ribu orang," ucap Hadi.

Pada Rabu pagi (16/3) pihaknya akan melakukan simulasi di dua tempat pemberangkatan yaitu dari eks Bandara Selaparang Kota Mataram menuju sirkuit dan juga dari parkiran Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) menuju sirkuit, guna memastikan penonton sudah di sirkut ketika balapan dimulai pukul 09.00 WITA.

"Kita harus melakukan simulasi dari dua tempat dari bandara dan dari eks bandara untuk pemberangkatan bus. Dari sana para driver akan mendapatkan sinyal apakah dia akan belok melalui jalur bandara atau jalur lainnya," kata Hadi.

Dari simulasi yang akan dilakukan itu mereka akan mengetahui kendala di mana saja sehingga bisa ntisipasi pada hari pelaksanaan, termasuk akan disimulasikan untuk penumpang yang ada di parkir utama untuk VIP Premier maupun untuk VIP delux.

Baca Juga: 578 Kru dan Pebalap MotoGP Mandalika Telah Tiba di Lombok

Sementara itu Dinas Perhubungan NTB membagikan rute dan waktu keberangkatan bus gratis untuk para penonton MotoGP menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit .

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait