facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Siapkan Tambahan Vaksin, Pemkot Jogja Sasar Pemudik dan Warga Selama Lebaran

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Minggu, 24 April 2022 | 11:25 WIB

Siapkan Tambahan Vaksin, Pemkot Jogja Sasar Pemudik dan Warga Selama Lebaran
Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi memberi keterangan pada wartawan di kompleks Balai Kota Yogyakarta, Kamis (21/4/2022). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Heroe mengakui tambahan vaksin itu untuk berjaga-jaga ketika stok yang ada saat ini menipis. Namun pihaknya memastikan ketersediaan vaksin menjelang lebaran kali ini tercukupi

SuaraJogja.id - Pemkot Jogja telah menyiapkan vaksin tambahan kepada masyarakat. Tidak hanya untuk warga Jogja, vaksin tersebut juga disasar kepada pemudik dari luar Jogja. 

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menjelaskan pelayanan tersebut dilakukan selama mudik lebaran 2022 mendatang.

"Kita nanti siapkan tambahan vaksin kepada masyarakat di Jogja. Jadi semua warga baik itu pemudik bisa mendapatkan jika memang belum divaksin," ujar Heroe kepada wartawan  Minggu (24/4/2022).

Lebih kurang, 1.000 dosis dari berbagai jenis vaksin yang diajukan. Nantinya vaksin akan didistribusikan ke puskesmas dan sejumlah sentra vaksin di Kota Pelajar.

Baca Juga: PPKM Level 3 di DIY Diperpanjang, Heroe Poerwadi: Tidak Masalah Asal Prokes Ketat

"Sampai hari ini XT Square dan juga di Balai Kota disediakan layanan vaksin. Warga bisa mendaftarkan diri website Pemkot melalui Jogja Smart Service (JSS)," katanya. 

Heroe mengakui tambahan vaksin itu untuk berjaga-jaga ketika stok yang ada saat ini menipis. Namun pihaknya memastikan ketersediaan vaksin menjelang lebaran kali ini tercukupi.

Stok vaksin jenis Sinovac tercatat masih 2.352 dus ditambah 5.625 dus. Sementara untuk Pfizer tersedia 30 dus. 

Untuk jenis vaksin dosis ketiga yakni, Moderna, Pemkot menyimpan sebanyak 24 dus. Sedangkan ntuk vaksin jenis Astrazeneca masih tersedia sekitar 560 dus. 

"Jadi ketersediaan mencukupi. Di rumah sakit juga sudah ada. Masyarakat bisa mengakses ke layanan vaksin RS tersebut," katanya. 

Baca Juga: Beri Arahan Ke-44 SDM PKH Se-Jogja, Heroe Poerwadi: Jangan Buat Penerima Manfaat Kecanduan Bantuan

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Pengendalian Penyakit  (P2P) dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi, Dinkes Kota Jogja, Lana Unwanah mengatakan Dinkes tetap membuka layanan vaksin selama lebaran. Namun dilakukan pembatasan pada 5-6 Mei 2022.

"Dinkes tetap melakukan pelayanan vaksin. Tapi hanya di tanggal 5 dan 6 ada layanan terbatas," kata dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait