facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

H+2 Lebaran Tembus 33 Ribu, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Lampaui 3 Hari Weekend Biasa

Eleonora PEW Rabu, 04 Mei 2022 | 16:48 WIB

H+2 Lebaran Tembus 33 Ribu, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Lampaui 3 Hari Weekend Biasa
H+2 Lebaran Tembus 33 Ribu, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Lampaui 3 Hari Weekend Biasa

Lelaki yang sering dipanggil Ipung ini mengakui bahwa kunjungan masih didominasi ke Pantai Parangtritis.

SuaraJogja.id - Sejumlah obyek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Bantul ramai dikunjungi wisatawan pada H+2 lebaran kemarin. Bahkan kunjungan wisatawan kemarin melampui jumlah wisatawan 3 hari weekend pada hari biasa.

Namun, kunjungan wisatawan masih didominasi ke Pantai Parangtritis. Baru kemudian pantai-pantai di sebelah barat sungai Opak, disusul Goa Selarong kemudian Goa Cermai yang berada di perbatasan Bantul dan Gunungkidul.

Kepala Seksi Data Dan Informasi Data Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi menuturkan sesuai prediksi, jumlah wisatawan akan mengalami lonjakan di hari kedua (H+2) setelah lebaran. Para pemudik yang berada di kampung halaman menyempatkan diri untuk berlibur.

"Dan Pantai Parangtritis masih menjadi favorit, apalagi ada jembatan baru yaitu Jembatan Kretek 2 yang jadi daya tarik baru," terang dia, Selasa (3/5/2022) malam.

Baca Juga: Kebun Raya Bogor Diserbu Puluhan Ribu Wisatawan

Lelaki yang sering dipanggil Ipung ini mengakui bahwa kunjungan masih didominasi ke Pantai Parangtritis, di mana jumlah pengunjung pantai Parangtritis mencapai 24.170 orang dan sisanya di beberapa destinasi lainnya.

Di Pantai Samas mencapai 5.100 orang, Gua Cemara sekitar 960 orang, pantai Kwaru ada 438 orang, Pantai Baru 2.340 orang, Goa Selarong ada 250 orang pengunjung dan Goa Cerme mencapai 27 orang.

"Hari ini sudah sama dengan 3 hari weekend pada hari biasa," ungkap dia.

Secara keseluruhan, pihaknya mencatat jumlah pengunjung mencapai 33.285 orang dengan total pendapatan Rp 323,4 juta. Melampaui kunjungan wisatawan pada 3 hari weekend di hari biasa saat kondisi normal yang hanya mencapai 30 ribu orang.

Pada libur lebaran kali ini, pihaknya memproyeksikan kunjungan wisatawan sebanyak 150 ribu orang. Di mana jumlah tersebut sebenarnya hanya 50 persen dibanding dengan jumlah pengunjung pada libur lebaran sebelum pandemi covid19 atau tahun 2019 lalu.

Baca Juga: 6 Fakta Wisatawan Meninggal Dunia Saat Perjalanan ke Puncak, Diduga karena Kelelahan

Koordinator TPR Pantai Parangtritis, Rochmad Rikwanto menuturkan Pantai Parangtritis dan Depok masih menjadi favorit wisatawan. Hari kedua lebaran kemarin jumlah kunjungannya mencapai 24.170 orang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait