facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pastikan Keamanan Wisatawan, Armada Jip Lereng Merapi Dipastikan Sudah Dicek Secara Berkala

Eleonora PEW | Hiskia Andika Weadcaksana Rabu, 04 Mei 2022 | 20:15 WIB

Pastikan Keamanan Wisatawan, Armada Jip Lereng Merapi Dipastikan Sudah Dicek Secara Berkala
Wisatawan menikmati lava tour menggunakan jip di lereng Merapi, Rabu (4/5/2022). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh, mulai dari kondisi jip itu sendiri hingga sarana prasarana pelengkap yang lain.

SuaraJogja.id - Wisata jip di lereng Merapi masih menjadi pilihan masyarakat dalam momen libur lebaran tahun ini. Bahkan dari data yang ada pemesanan untuk lava tour tersebut terus datang hingga akhir bulan nanti.

Ketua Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Dardiri memastikan pemeriksaan kondisi armada jip menjadi hal yang utama untuk dilakukan. Hal ini demi menjaga keamanan dan keselamatan semua pihak yang berwisata menggunakan jip tersebut.

Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh, mulai dari kondisi jip itu sendiri hingga sarana prasarana pelengkap yang lain, termasuk helm dan sebagainya.

"Sebelum lebaran kemarin, kami menerima dari dinas terkait ada Polres, Dishub, Dispar, Satpol PP, semua melakukan pengecekan ke armada jip di masing-masing basecamp," kata Dardiri kepada awak media, Rabu (4/5/2022).

Baca Juga: Masih Status Siaga, Mitigasi Bencana Jadi Fokus Perjalanan Jip Wisata di Lereng Merapi

Selain dibantu dari jajaran instansi terkait, kata Dardiri, pihaknya juga selalu secara mandiri melakukan pengecekan rutin setiap armada yang akan jalan. Terkhusus saat momen libur panjang hari raya keagamaan seperti sekarang ini.

"Kami di AJWLM juga selalu melakukan pengecekan di setiap basecamp kita datengi dan kita cek untuk kesiapan dan persiapan liburan," sambungnya.

Tidak hanya pengecekan dari sisi armada saja, disampaikan Dardiri antisipasi terhadap penularan virus Covid-19 masih menjadi perhatian pihaknya. Mengingat pandemi Covid-19 saat ini yang masih belum usai.

Kendati sudah cenderung melandai namun penerapan protokol kesehatan tidak boleh lengah begitu saja. Sebagai upaya antisipasi lainnya kegiatan desknfeksi juga terus dilakukan secara rutin didukung oleh satgas Covid-19 di tiap kalurahan.

"Jadi satu jip itu diisi sesuai SOP maksimal 4 orang. Di sisi lain juga saat ini juga masih pandemi ya. Sampai sekarang kan belum usai, sehingga untuk virus Cinta dan booster ini khususnya pemandu jip AJWLM semua sudah bootster," tuturnya.

Baca Juga: Makin Ramai, Wisata Jip Sudah Dipesan hingga Akhir Bulan

Sementara itu salah satu wisatawan yang menikmati jip lava tour Merapi, Caca (22) mengaku memang sudah mencari tahu sejak lama terkait salah satu wisata di Sleman tersebut. Bahkan ini adalah kali pertama warga Tangerang itu menjajal sensasi naik jip berkeliling di lereng Gunung Merapi.

"Baru pertama kali banget sih ke sini. Datang ke Jogja dari tanggal 2 kemarin senin itu dan ini (lava tour) jadi wisata pertama yang didatengin," ucap Caca.

Dalam pengalaman pertamanya tersebut, ia mengaku sangat senang bisa menjajal keseruan menunggang jip. Apalagi bisa berkeliling melihat sejumlah destinasi wisata di sekitar Merapi.

"Seru banget sih. Pengalaman dari drivernya terus dari tempat-tempat wisatanya, penjelasannya dari pemandu juga oke banget. Terus drivernya itu nanya kita maunya gimana jadi enggak dipaksa ini gitu, ini sesuai yang kita mau," tandasanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait