facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

ASN Diminta WFH Usai Mudik Lebaran, Pemkot Jogja Tunggu Surat Edaran Kemendagri

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Minggu, 08 Mei 2022 | 19:01 WIB

ASN Diminta WFH Usai Mudik Lebaran, Pemkot Jogja Tunggu Surat Edaran Kemendagri
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi memberi keterangan pada wartawan usai melepas pemudik di Terminal Giwangan Kota Jogja, Minggu (8/5/2022). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Ia menerangkan, secara umum, ASN di lingkungan Pemkot Yogyakarta sudah siap bertugas pada Senin (9/5/2022).

SuaraJogja.id - Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi belum bisa memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) akan bekerja WFH atau tidak usai cuti lebaran. Pihaknya masih menunggu kebijakan dan Surat Edaran dari Kemendagri.

"Memang dari Kemenpan-RB sudah ada imbaunya. Kita lihat dari Kemendagri nanti surat tindak lanjutnya. Kalau sudah ada kita baru terapkan (WFH)," terang Heroe ditemui wartawan usai pelepasan pemudik di Terminal Giwangan, Kota Jogja, Minggu (8/5/2022).

Ia menerangkan, secara umum, ASN di lingkungan Pemkot Yogyakarta sudah siap bertugas pada Senin (9/5/2022). Jika pun ada yang terlambat karena kondisi terjebak macet saat perjalanan ke Jogja, hal itu harus dikomunikasikan dengan Pembina Pejabat Kepegawaian (PPK).

Namun lanjut Heroe, ASN yang bertugas di lingkungan Pemkot sudah datang ke Jogja. Mengingat Senin besok, Pemkot menggelar Halal bi Halal yang dihadiri seluruh ASN.

Baca Juga: ASN Pemkot Solo Masuk Senin Besok, Wawali Teguh Prakosa: Ada yang Bolos, Kita Beri Sanksi

"Besok Senin ada Halal bi Halal, saya kira sebagian besar ASN sudah di kota semua. Sampai saat ini masih masuk, juga Senin besok," terang dia.

Heroe mengatakan jika akan diterapkan WFH, aktivitas belajar mengajar harus dipertimbangkan juga untuk dilakukan daring atau belajar online.

"Tapi yang paling penting sebenarnya kita harus mulai sekolah daringnya. Kalau WFH jalan, sekolah daring jalan saya rasa efektif. Tapi kalau WFH-nya jalan tapi tidak ada sekolah daring, tentu orang tua ini harus segera kembali," katanya.

Sebelumnya Menpan-RB, Tjahjo Kumolo menyambut baik usulan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terkait WFH yang perlu dilakukan usai cuti lebaran. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan saat arus balik dimana masyarakat mulai kembali pada Minggu (8/5/2022).

Tjahjo Kumolo menyebut penerapan WFH dilakukan selama satu pekan. Disamping untuk mengurangi kemacetan arus balik lebaran 2022, hal itu juga sebagai upaya isolasi mandiri bagi ASN selama berada di kampung halaman.

Baca Juga: 524.816 Penumpang dan 119.161 Kendaraan Tinggalkan Sumatera menuju Pulau Jawa Menyebrang ke Pelabuhan Merak

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait