facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kasih Minum Orang Tersedak Bisa Bikin Meninggal Dunia, Ini Cara Tolong yang Benar!

Eleonora PEW Senin, 09 Mei 2022 | 18:49 WIB

Kasih Minum Orang Tersedak Bisa Bikin Meninggal Dunia, Ini Cara Tolong yang Benar!
Ilustrasi tersedak [shutterstock]

Ia menjelaskan bahwa tersedak merupakan peristiwa tersumbatnya jalan napas oleh benda asing.

SuaraJogja.id - Banyak orang mengira bahwa langkah yang dapat dilakukan untuk menolong orang yang tersedak adalah dengan memberi orang tersebut minum. Ternyata langkah tersebut adalah langkah yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Seorang selebtwit yang berprofesi sebagai perawat @afrkml bagikan utas berisi langkah menolong orang yang mengalami tersedak.

"Jangan ngasih minum ke orang tersedak! Bisa mati nanti," tulis Rizal di awal utas.

Langkah pertama yang seharusnya dilakukan adalah memastikan bahwa orang yang akan ditolong betul-betul mengalami tersedak.

Baca Juga: Murid SMP Meninggal karena Tersedak Bakso Tusuk, Kepala Sekolah Beberkan Kronologi

Ciri-cirinya adalah lidahnya menjulur ke depan, mata melotot, tangan memegang leher seperti mencekik diri sendiri, mulut menganga dan tidak bisa batuk.

Langkah kedua adalah memberikan tepukan pada bagian punggung atau dengan menekan bagian perut orang yang tersedak.

Dirinya kemudian menjelaskan mengapa memberi minum kepada orang yang tersedak bisa menyebabkan kematian.

Ia menjelaskan bahwa tersedak merupakan peristiwa tersumbatnya jalan napas oleh benda asing yang masuk ke tenggorokan yang mengakibatkan epiglotis terbuka. Ketika epiglotis terbuka ketika diberi minum maka air minum akan langsung masuk ke saluran napas.

"Karena tersedak tuh peristiwa tersumbatnya kepatenan jalan napas oleh benda asing yg masuk ke dalam tenggorokan. Akibatnya, epiglotis akan terbuka & respons batuk diaktifin. Krn epiglotis terbuka, ngasih minum justru berbahaya!" jelasnya.

Baca Juga: Tersedak saat Ikut Lomba Makan Hot Dog, Mahasiswi AS Ini Meninggal Dunia

"Tentu saja berbahaya krn air yg diminum akan terjun langsung ke dalam saluran napas/tenggorokan alih-alih kerongkongan sehingga memperparah sumbatan jalan napas. Korban jd makin tersedak dan sumbatan bs aja berubah jadi sumbatan total shgg korban gak lagi bisa batuk. Bahaya nih!" tambahnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait