facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mudik ke Palembang, Warganet Ini Tunjukkan Sajian Pempek yang berbeda-beda di Setiap Rumah

Galih Priatmojo Jum'at, 20 Mei 2022 | 08:40 WIB

Mudik ke Palembang, Warganet Ini Tunjukkan Sajian Pempek yang berbeda-beda di Setiap Rumah
Sajian Pempek di Palembang Ketika Lebaran (Instagram/@promopalembang)

Ternyata sajian pempek di setiap rumah di Palembang beraneka ragam bentuknya

SuaraJogja.id - Palembang merupakan kota yang identik dengan makanan khas pempek. Oleh karenanya warganet ini menunjukkan sebuah fenomena unik mengenai panganan tersebut saat dirinya mudik di Bumi Sriwijaya tersebut. 

Mudik lebaran 2022 memang telah usai. Akan tetapi, cerita para pemudik terkait kampung halamannya tidak pernah habis untuk dibahas. Salah satunya cerita pemudik yang pulang kampung ke Palembang, Sumatera Selatan. 

Sudah menjadi rahasia umum kalau Palembang dijuluki oleh Kota Pempek. Kota ini menjadi asal pembuatan Pempek yang enak itu. Masyarakat Indonesia sendiri mengenal pempek dalam berbagai varian rasa. 

Misalnya saja pempek lenjer atau lenjeran. Bentuk pempek ini cenderung silinder. Berikutnya ada pempek kapal selam. Nama ini diambil karena bentuknya yang menyerupai kapal selam apalagi saat berada di dalam kuah cuko. 

Baca Juga: Kasus Korupsi Masjid Sriwijaya, Mantan PJ Wali Kota Palembang Ahmad Najib Divonis 4 Tahun

Pempek jenis ini merupakan salah satu jenis yang banyak disukai karena di dalamnya ada telur ayam atau bebek utuh, sehingga rasanya nikmat. Berikut ada varian Adaan yang bentuknya bulat menyerupai bakso.

Lalu ada pempek kulit yang menggunakan bahan dasar kulit ikan tanpa daging. Beberapa varian tersebut diketahui oleh mayoritas masyarakat Indonesia, karena banyak dijual oleh para penjual pempek. 

Akan tetapi di Palembang variannya lebih bermacam-macam. Seperti video yang diunggah oleh akun @promopalembang, warganet ini memperlihatkan keberagaman pempek di sana. Dari video yang diunggah ternyata pempek menjadi salah satu makanan yang wajib tersedia saat lebaran. 

Lalu setiap rumah memiliki bentuk pempek yang berbeda-beda. Mulai dari pempek kapal selam, adaan sampai pempek yang bentuknya jarang dilihat di kota lain. Hal ini memperlihatkan kalau kreativitas warga Palembang dalam membuat pempek cenderung tidak terbatas sehingga bentuk dan rasanya berbeda dari yang biasanya dilihat. 

“Gak afdol rasanya kalau lebaran gak makan pempek,” jelas akun @promopalembang di kolom caption. 

Baca Juga: Palembang Tambah Pemasangan ETLE, Berikut Sejumlah Ruas Jalan Dipasang ETLE

Sontak video ini mendapatkan banyak tanggapan dari warganet. Ada warganet yang berkomentar kalau secara tidak langsung para pemilik rumah bersaing, agar pempek buatannya menjadi yang paling enak. 

Di sisi lain ada yang sudah memaklumi fenomena ini, sehingga tidak merasa aneh kalau setiap rumah menyediakan pempek yang beragam.

“Disitulah ilmu diadu. Pempek siapa yang paling enak,” ujar warganet. 

“Makan lontong kenyang, tetapi kalau makan pempek bisa diatur,” tutur warganet.

“Memang belum lengkap lebaran kalau tidak ada pempek di atas meja,” ucap warganet. 

“Biasanya pempek merupakan camilan utama di meja tamu minimal selama 3 hari lamanya hahaha,” kata warganet. 

Video ini pun telah mendapatkan 7.975 likes, dan 49 komentar dari awrganet di Instagram. 

Kontributor : Dinar Oktarini

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait