facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Indonesia Menang Adu Penalti Lawan Malaysia, Ernando Ari Diserukan sebagai Hero

Eleonora PEW Minggu, 22 Mei 2022 | 19:43 WIB

Indonesia Menang Adu Penalti Lawan Malaysia, Ernando Ari Diserukan sebagai Hero
Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari. [dok. PSSI]

Timnas Indonesia U-23 raih medali perunggu SEA Games usai menang adu penalti dari Malaysia. Kemenangan Indonesia tak lepas dari penampilan Ernando Ari di bawah mistar gawang.

SuaraJogja.id - Timnas U-23 Indonesia pastikan meraih medali perunggu SEA Games 2021 usai kalahkan Malaysia melalui babak adu penalti. Nama penjaga gawang Ernando Ari menjadi sorotan publik pecinta sepak bola tanah air usai berhasil menggagalkan beberapa tendangan penalti pemain Malaysia.

Sepanjang waktu normal Indonesia dan Malaysia sama-sama mencetak 1 gol ke gawang lawan. Gol skuad Garuda Muda diciptakan oleh pemain muda Ronaldo Kwateh usai menerima umpan dari rekan mudanya Marselino Ferdinan di babak kedua.

Kemudian pemain Malaysia membalas gol tersebut melalui tendangan keras di dalam kotak penalti. Sebelum terjadi gol, bola lebih dulu membentur punggung pemain Indonesia sehingga bola berbelok arah dan tidak bisa diselamatkan oleh Ernando Ari.

Sepanjang waktu normal, penjaga gawang Ernando Ari kerap melakukan penyelamatan bagi Timnas. Beberapa kali tendangan yang mengarah ke gawangnya mampu diamankan dengan baik.

Baca Juga: Menang Adu Penalti, Timnas Indonesia U-23 Raih Medali Perunggu

Skor imbang 1-1 selama waktu normal memaksa pertandingan antara Indonesia vs Malaysia dalam perebutan medali SEA Games 2021 harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Penjaga gawang Ernando Ari terlihat sangat percaya diri dalam menghadapi tendang penalti.

Terbukti dalam dari lima penendang, kiper Persebaya Surabaya tersebut berhasil menggagalkan dua tendangan penalti pemain Malaysia. Sementara Indonesia sekali gagal setelah tendangan Asnawi Mangkualam terlalu tinggi dan hanya membentur mistar gawang. Indonesia menang 4-3 dari Malaysia.

Penampilan gemilang Ernando Ari mendapatkan perhatian khusus dari publik. Tak salah usai pertandingan, namanya langsung trending di Twitter dan banyak netizen yang mengelu-elukan namanya dan tak jarang ada yang menyebut dirinya sebagai hero dalam pertandingan ini.

"Indonesia vs malaysia Man of the match menurutku ernando ari keeper masa depan indonesia postur yang tidak tinggi tapi punya instuisi menebak arah bola dengan baik. marselino ferdinan pemain muda indonesia yang mempunyai jiwa dan mental yang tenang,skillnya juga makin bagus," tulis salah seorang netizen.

"Ernando nih konsisten bahkan menanjak terus performa nya sejak masih di timnas u16. Dia terlalu bagus buat liga 1 sih , Semoga dia bisa main di liga yg lebih baik kedepannya , cuman minus nya dia itu postur nya aja," kata salah satu netizen.

Baca Juga: Tekuk Malaysia lewat Adu Penalti, Indonesia Raih Perunggu Sepak Bola Putra SEA Games 2021

"Bronze medal setidaknya pulang tdk dgn tangan hampa. Seseneng itu sih lihat Indonesia bisa unggul pas adu pinalti   jujur berat yaaa, krn ini jg adu mental. Siapa yg paling siap. Ernando jg smart bs baca arah bola penendang Malaysia. Klok jadi penentu pun bisa," ungkap netizen lainnya.

"BRONZE MEDAL!! definisi stress dan lega pas liat indonesia unggul pas adu finalti special thanks to ernando yang udah keren ciamik bangett, padahal udah kesakitan dimenit akhir tapi masih kuat dan kasih yang terbaikkk TERIMAKASIH GARUDA, NANTI KITA COBA LGI DI 2023 YA," kata netizen yang lain.

Kontributor : Moh. Afaf El Kurnia

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait