facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Shin Tae-yong Dorong Marselino dan Ronaldo Main di Luar Negeri, Netizen: Liga di Indo Tak Cukup untuk Pemain Bertalenta

Galih Priatmojo Rabu, 25 Mei 2022 | 09:27 WIB

Shin Tae-yong Dorong Marselino dan Ronaldo Main di Luar Negeri, Netizen: Liga di Indo Tak Cukup untuk Pemain Bertalenta
Shin Tae-yong Dorong Marselino dan Ronaldo Main di Luar Negeri/Antara

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan masukan kepada Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh untuk berkarier di luar negeri untuk lebih mengasah kemampuannya.

SuaraJogja.id - Nama Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh kerap mendapat sorotan daru publik pecinta sepak bola tanah usai keduanya beberapa kali menjadi stater dalam pertandingan bersama Timnas Indonesia U-23 pada ajang SEA Games  ke-31 di Vietnam.

Seperti yang telah diketahui, saat ini Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh masih berusia 17 tahun. Namun di usianya yang masih terhitung belia sudah mendapat kepercayaan untuk bergabung dengan skuad Garuda Muda di ajang SEA Games 2021.

Sepanjang perhelatan SEA Games, Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh kerap dimainak oleh Shin Tae-yong dan penampilannya cukup memukau. Mereka dapat bersaing dan bermain dengan tenang pada saat menghadapi lawan-lawannya yang secara usia berada di atas mereka.

Melihat penampilan keduanya yang ciamik membuat pelatih asal Korea Selatan tersebut mendorong Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh untuk berkarir di luar negeri.

Baca Juga: SEA Games 2021 Kelar, Ini 5 Agenda Terdekat Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia

Menurut Shi Tae-yong, Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh akan jauh lebih berkembang jika mereka bermain di luar negeri. Shin Tae-yong menyarankan kepada mereka untuk bermain ke negara Vietnam hingga Asia Timur.

"Marselino dan Ronaldo tampil baik dan banyak berkontribusi untuk tim di SEA Games ke-31 ini, saya pikir mereka akan menjadi bintang masa depan sepak bola Indonesia," tutur Shin Tae-yong dilansir dari Zing News.

Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh memiliki prospek cerah di masa depan. Beberapa waktu lalu Ronaldo Kwateh sempat dikabarkan dilirik oleh salah satu klub asal Turki.

"Ada arti bintang di balik ucapan sty, 'ke liga yg lbih baik'. Jdi poin penting bahwa liga indo tdk cukup baik utk pemain bertalenta.. Semoga pssi mengerti," ungkap salah seorang netizen yang memberikan tanggapan kepada komentar Shin Tae-yong terhadap Marselino dan Ronaldo.

"Dari liga dagelan kami lahir, dari liga dagelan kami dipanggil timnas.Lebih baik memperkuat klub di luar negeri sebagai pelengkap skuad daripada main reguler di liga dagelan..." kata netizen yang lain.

Baca Juga: Usai SEA Games 2021, Ini Sederet Agenda Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia

"Kalau sudah main di luar negeri, nanti ketika dibutuhkan buat aff atau sea games gak bisa pula memperkuat timnas ... peluang meraih juara kan di ajang dua tahunan itu yang lebih besar ..." sanggah netizen lainnya.

Kontributor : Moh. Afaf El Kurnia

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait