facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gasak Belasan Karung Gabah, Pria Asal Purworejo Ditangkap Polsek Galur

Eleonora PEW | Rahmat jiwandono Rabu, 25 Mei 2022 | 15:56 WIB

Gasak Belasan Karung Gabah, Pria Asal Purworejo Ditangkap Polsek Galur
Polisi menangkap pria berinisial S karena telah mencuri karung gabah. - (SuaraJogja.id/HO-Polres Kulon Progo)

Ternyata S sudah beraksi di lima titik di kapanewon yang sama.

SuaraJogja.id - Seorang pria berinisial S (44) asal Dusun Depokrejo, Desa Depokrejo, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dibekuk polisi. Pasalnya, dia telah mencuri belasan karung gabah di Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon Progo.

Kasi Humas Polres Kulon Progo Iptu I Nengah Jeffry mengungkapkan, ternyata S, yang emrupakan seorang buruh tani, sudah beraksi di lima titik di kapanewon yang sama. Sepak terjangnya mencuri gabah terhenti usai aksinya terekam oleh kamera pengawas (CCTV) milik warga.

"Berkat bukti rekaman CCTV yang dimiliki oleh warga di dekat salah satu lokasi kejadian, aksinya terungkap," kata dia pada Rabu (25/5/2022).

S ditangkap pada Minggu (22/5/2022) sekitar pukul 14.45 WIB. Saat itu, Polsek Galur mendapat informasi tentang adanya warga yang kehilangan gabah.

Baca Juga: Wanita Ini Jatuh Tersungkur Gagal Curi Tabung Gas, Warganet: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

"Polsek Galur menerima informasi telah terjadi pencurian gabah di Jalan Trisik Banaran, Galur. Aksi pencurian tersebut terekam CCTV," papar dia.

Atas dasar laporan itu, personel Polsek Galur melakukan patroli tertutup pada Selasa (24/5/2022) sekira pukul 15.00 WIB. Dan akhirnya menemukan terduga pelaku di wilayah Sorogenen, Karangsewu, Galur.

"Unit Reskrim Galur melihat seseorang yang identik dengan CCTV yang ditunjukkan," katanya.

Melihat orang yang dicurigai sama maka langsung dihentikan oleh petugas. Setelah itu kendaraan Honda Supra Fit warna biru sliver AB 5721 VQ diperiksa.

"Di dalam joknya terdapat sebuah jumper berwarna merah bertuliskan bagian depan tulisan BESTIE. Pas ditanyai orang itu malah lari ke arah sawah lalu dikejar petugas dan berhasil ditangkap," ujarnya.

Baca Juga: Pria ini Gagalkan Aksi Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil, Terduga Pelaku Terpaksa Tinggalkan Motornya

Kepada polisi, terduga pelaku mengakui perbuatannya telah beraksi di lima titik berbeda. Kelima lokasi itu meliputi Dusun Nepi di Kalurahan Brosot, Dusun Diren di Kalurahan Pandowan, Dusun Bagongan di Kalurahan Nomporejo.

"Lalu di Halaman Balai Kalurahan Nomporejo dan Jalan Trisik Dusun Sorogenen II Kalurahan Nomporejo. Semuanya berada di Galur, dia beraksi sejak 10-22 Mei 2022," jelasnya.

"Rata-rata dia melakukan pencurian di tengah hari. Saat jam istirahat," tambahnya.

Dari pelaku, polisi juga mengamankan Sepasang sandal jepit warna oranye hitam merk "Swallow" dan Celana jeans warna biru dongker merk "VRYZAS". Sedikitnya 11 karung gabah seharga Rp2.750.000.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait