facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Harga Cabai Tembus Rp95 Ribu Per Kilo, Pelanggan di Pasar Beringharjo Pilih Tak Beli

Muhammad Ilham Baktora | Rahmat jiwandono Rabu, 08 Juni 2022 | 18:45 WIB

Harga Cabai Tembus Rp95 Ribu Per Kilo, Pelanggan di Pasar Beringharjo Pilih Tak Beli
Ifan sedang menimbang cabai rawit merah di Pasar Beringharjo, Kota Jogja. (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

"Setelah saya kasih tahu harganya Rp95 ribu mereka enggak jadi beli," ujar pedagang cabai di Pasar Beringharjo

SuaraJogja.id - Harga cabai melonjak tajam dalam beberapa hari terakhir ini. Menurut data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN), per Senin (6/6/2022), harga cabai rawit dijual Rp 75.600 per kilogram.

Pedagang cabai di Pasar Beringharjo, Ifan mengatakan, harga cabai yang termahal ialah rawit merah yang per kilonya mencapai Rp95 ribu. Dengan demikian, terjadi kenaikan harga di atas 20 persen.

"Kenaikan harga rawit merah baru sekarang ini, saya jualnya Rp95 ribu per kilogram," katanya ditemui SuaraJogja.id, Rabu (8/6/2022).

Menurutnya, pada Selasa (7/6/2022) harga cabai rawit merah masih di kisaran Rp88 ribu per kg.

"Kemarin ini harganya masih Rp88 ribu per kilo, jadi baru naiknya ya hari ini," ujarnya.

Diakuinya banyak pembeli yang enggan membeli cabai rawit merah setelah mengetahui harganya. Pembeli biasanya akan bertanya terlebih dahulu.

"Setelah saya kasih tahu harganya Rp95 ribu mereka enggak jadi beli. Jadi takut enggak mau beli, tahu harganya saja langsung pergi," papar dia.

Ia menilai kenaikan harga cabai disebabkan oleh faktor cuaca dan ada petani cabai yang mengalami gagal panen. Dengan demikian, katanya, tidak menutup kemungkinan harganya bisa naik lagi.

"Jadi karena barangnya agak susah didapat maka mungkin harganya diprediksi akan naik lagi. Di Jakarta saja sudah Rp120 ribu per kg," ujarnya.

Untuk harga cabai lainnya juga naik seperti lombok teropong hijau dari Rp24 ribu menjadi Rp28 ribu, cabai keriting merah sekarang dari Rp65 ribu jadi Rp70 ribu.

"Harga cabai teropong merah juga naik dari Rp60 ribu menjadi Rp65 ribu," imbuhnya.

Komentar

Berita Terkait