facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bingung Daftar MyPertamina, Sejumlah Warga Penuhi Stan Konsultasi di SPBU Giwangan

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Jum'at, 01 Juli 2022 | 14:48 WIB

Bingung Daftar MyPertamina, Sejumlah Warga Penuhi Stan Konsultasi di SPBU Giwangan
Stan konsultasi MyPertamina di SPBU Giwangan. [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

sejumlah warga masih kesulitan untuk mendaftar mypertamina

SuaraJogja.id - Masa uji coba pendataan atau pendaftaran kendaraan roda empat ke atas untuk menerima Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar mulai dibuka per Jumat (1/7/2022) ini. Persoalan website MyPertamina yang tak bisa diakses menjadi kendala di hari pertama pembukaan pendaftaran ini.

Berdasarkan pantauan SuaraJogja.id di salah satu stan konsultasi Pertamina yang berada di SPBU Giwangan Yogyakarta terlihat sejumlah masyarakat masih kebingungan mendaftar. Mereka datang ke sana untuk meminta arahan kepada petugas.

Salah satu petugas, Annisa Noviantari mengatakan memang sejak pagi tadi sudah ada beberapa masyarakat yang datang. Mereka kebanyakan masih bingung dengan cara mendaftar di website tersebut.

"Pagi ini tadi sekitar sepuluh warga yang sudah bertanya soal pendataan di website itu. Namun memang belum berhasil terdata," kata Annisa kepada awak media, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Bendung Lepen Giwangan Yogyakarta Jadi Objek Wisata

Diungkapkan Annisa, kegagalan pendataan itu disebabkan oleh server website MyPertamina yang down atau tak bisa diakses. Sebenarnya warga sempat diminta untuk menunggu beberapa menit untuk kemudian mencoba lagi.

Namun ternyata website subsiditepat.mypertamina.id yang digunakan untuk mendaftarkan itu masih tetap tak bisa diakses. Walaupun sebenarnya warga yang datang pun sudah menyiapkan lengkap syarat-syarat yang dibutuhkan.

"Jadi sementara kami hanya bisa berikan langkah-langkah penggunaannya dan pendaftaran ini sebab memang belum bisa diakses webnya. Jika masih bingung nanti bisa kembali ke sini ini karena kami beroperasi sampai akhir bulan Juli," ungkapnya.

Ia menyebut bahwa mayoritas masyarakat yang datang untuk mendaftar merupakan pengemudi angkutan. Mulai dari angkutan seperti truk hingga kendaraan pribadi yang digunakan untuk ojek online.

Sementara itu Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengatakan saat ini pihaknya tengah mengusahakan perbaikan website agar dapat segera digunakan lagi.

Baca Juga: 25 Lapak Terdampak Angin Kencang, Perdagangan di Pasar Giwangan Sudah Normal Kembali

"Kami saat ini sedang menangani hal tersebut (website down) dan nanti bisa dicoba kembali," kata Brasto.

Ia tidak mengetahui secara pasti penyebab website pendataan penerima atau pengguna BBM bersubsidi itu down atau tak bisa diakses.

Namun, Brasto menilai website yang tidak bisa diakses ini sebagai bentuk dari animo tinggi masyarakat. Sekaligus menandakan bahwa masyarakat sudah cukup memperhatikan sosialisasi yang dilakukan sebelumnya.

"Jadi kami mengucapkan terima kasih atas animo masyarakat yang memang mendaftarkan ya. Jadi itu menunjukkan bahwa masyarakat sudah aware dan peduli terhadap pendaftaran di website MyPertamina ini," paparnya. 

Disampaikan Brasto, bagi masyarakat yang ingin bertanya lebih lanjut atau masih bingung dengan mekanisme pendaftaran di website MyPertamina bisa langsung menghubungi call center 135. Bisa juga datang secara langsung di stan konsultasi yang dibuka di sejumlah titik.

Stan konsultasi Pertamina untuk di Kota Yogyakarta berada di SPBU Giwangan tepatnya di Jalan Ring Road Selatan dan Kantor Sales Area Pertamina Patra Niaga DIY-Surakarta di Jalan Mangkubumi nomor 20 Yogyakarta. 

"Booth konsultasi itu kami buka dari 1 Juli sementara ini sampai 31 Juli 2022. Mulai pukul 09.00-17.00 secara gratis tidak dipungut biaya. Masyarakat bisa berdatang secara langsung," tandasnya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait