facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral, Perguruan Tinggi Ini Adakan Wisuda Online di Metaverse

Eleonora PEW Rabu, 06 Juli 2022 | 20:05 WIB

Viral, Perguruan Tinggi Ini Adakan Wisuda Online di Metaverse
Ilustrasi wisuda (Pexels.com)

Tampak banyak sekali sosok wisudawan yang sedang menunggu di area luar gedung.

SuaraJogja.id - Semenjak pandemi melanda di awal tahun 2020, proses wisuda yang dilaksanakan secara online sudah tidak aneh lagi. Ini menjadi satu-satunya opsi agar tidak menciptakan keramaian dan kerumunan selama pandemi.

Bahkan beberapa perguruan tinggi juga masih menerapkan metode daring ini hingga sekarang. Namun, ada yang berbeda dengan wisuda online di Telkom University. Bukan wisuda online biasa.

Akun bernama @akaimobelejen membagikan video tersebut di TikTok (13/4/2022). Video tersebut memperlihatkan suasana wisuda online yang terlihat seperti setup dalam sebuah roleplay game.

Ternyata, wisuda online yang diselenggarakan oleh Telkom University ini sudah dilakukan dengan Metaverse, atau semesta virtual yang memungkinkan para penggunanya melakukan aktivitas di dunia nyata secara virtual pula.

Baca Juga: Bercampurnya Dunia Nyata dan Dunia Maya di Metaverse

Dari video terlihat jelas tampilannya. Tampak banyak sekali sosok wisudawan yang sedang menunggu di area luar gedung. Semuanya memakai set toga masing-masing. Pada bagian atas kepala setiap karakter ada nama masing-masing orang.

Suasana di dalam gedung pun dibuat persis setup untuk upacara wisuda. Tidak heran kalau ada beberapa warganet yang menyangka bahwa ini adalah sebuah game.

“Buat yang nanya game nya apa ituu wisuda online tapii konsep nya game hadeh,” tulis @abcdfsjsjx.

Warganet juga ikut memuji perhelatan wisuda yang berteknologi tinggi dan modern ini. Para wisudawan terlihat bisa menggerakkan karakternya seolah sedang berada di gedung sungguhan.

“Heh lucu banget ini, beda dari yg lain.. GOOD JOB!” tulis @kaystillkay.

Baca Juga: UGM Kembangkan Purwarupa Candi Borobudur versi Metaverse

“Yaelah kenapa kemaren kampus gue gak gini ya, kan lebih seru,” tulis @nadiyashafira.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait