facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kasus Covid-19 Melandai, Kulon Progo Targetkan Cakupan Vaksinasi Booster 50 Persen Akhir Juli

Eleonora PEW Kamis, 07 Juli 2022 | 19:13 WIB

Kasus Covid-19 Melandai, Kulon Progo Targetkan Cakupan Vaksinasi Booster 50 Persen Akhir Juli
[ILUSTRASI] Warga menjalani vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (20/4/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Ia mengemukakan bahwa minat warga menjalani vaksinasi penguat tidak tinggi setelah angka kasus penularan COVID-19 melandai.

SuaraJogja.id - Cakupan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau dosis penguat (booster) ditargetkan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo bisa mencapai 50 persen dari total 378.177 warga yang menjadi sasaran di wilayahnya pada akhir Juli 2022.

"Target vaksinasi booster (vaksinasi penguat) mengacu pada target DIY. Harapannya tercapai 50 persen di akhir Juli 2022," kata Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami di Kulon Progo, Kamis.

Ia mengemukakan bahwa minat warga menjalani vaksinasi penguat tidak tinggi setelah angka kasus penularan COVID-19 melandai.

"Masyarakat merasa vaksinasi dua kali sudah cukup," katanya.

Baca Juga: Permudah Penumpang, Layanan Vaksinasi Booster Dibuka di Bandara RHF Tanjungpinang

Selain itu, ia melanjutkan, sekarang vaksinasi penguat tidak lagi menjadi persyaratan untuk melakukan perjalanan maupun berkegiatan di tempat tertentu.

"Kemudian, adanya informasi angka kekebalan untuk COVID-19 yang cukup tinggi dari survei yang telah dilakukan pusat," katanya.

Dinas Kesehatan Kulon Progo berupaya mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi penguat guna meminimalkan risiko penularan varian-varian baru virus corona penyebab COVID-19.

Upaya tersebut antara lain dilakukan dengan mengampanyekan pentingnya vaksinasi penguat serta membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 di seluruh fasilitas kesehatan, mulai dari puskesmas, rumah sakit daerah, rumah sakit swasta, sampai klinik swasta.

Selain itu, Dinas Kesehatan berusaha mendekatkan pelayanan ke masyarakat dengan menyelenggarakan pelayanan vaksinasi COVID-19 dalam kegiatan seperti posyandu lansia dan pertemuan PKK serta pelayanan vaksinasi dari rumah ke rumah.

Baca Juga: Stok Vaksin Banyak, Menko Airlangga Minta Para Bos Perbankan Wajibkan Karyawan Ikut Booster

"Kami juga meningkatkan kerja sama dan peran satgas sebagai penggerak sasaran untuk ke tempat-tempat vaksinasi," kata Sri.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati, warga yang sudah mendapat vaksinasi penguat baru 101.301 orang atau 26,79 persen dari sasaran vaksinasi di Kulon Progo.

"Kami mengharapkan masyarakat yang belum divaksin booster (penguat) segera melakukan vaksinasi di puskesmas terdekat," katanya. [ANTARA]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait