Bacaan Zikir Setelah Salat Lengkap dengan Artinya, yuk Diamalkan!

Bacaan zikir setelah salat yang lengkap dengan artinya.

Eleonora PEW
Selasa, 24 Januari 2023 | 07:46 WIB
Bacaan Zikir Setelah Salat Lengkap dengan Artinya, yuk Diamalkan!
Berdoa. (Pexels/Alena Darmel)

SuaraJogja.id - Usai menjalankan ibadah salat disarankan untuk bacaan zikir. Terdapat bacaan zikir setelah salat lengkap dengan artinya, yang bisa kamu pelajari dan hafalkan untuk nantinya bisa diamalkan ketika menjalankan ibadah salat. 

Walaupun bukan merupakan bagian dari rukun salat, tetapi membaca zikir setelah salat dapat memberikan pahala dan keberkahan dari Allah SWT. Selain itu, dapat pula menjadikan doa-doa yang kita pinta setelah salat segera dikabulkan oleh Allah SWT. 

Bacaan zikir setelah salat, tidak terlalu banyak dan memerlukan waktu lama. Jadi yuk sempatkan waktu untuk melakukan zikir setelah melaksanakan ibadah salat, demi memperoleh keberkahan dari Allah SWT. 

Bacaan Zikir Setelah Salat dan Artinya 

Baca Juga:6 Zikir di Bulan Rajab Mulai Tanggal 1 Sampai 30 Rajab Disertai dengan Doa Rajab

Berikut ini adalah urutan membaca doa zikir setelah salat yang telah dirangkum oleh Suara.com.

 “Astaghfirullaahal ‘adziim alladzii laaailaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih.”

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya.

 “Allaahumma antas salaam waminkas salaam wa ilaika ya’uudus salaam fahayyinaa robbanaa bis salaam wa adkhilnal jannata daaros salaam tabaarokta robbanaa wa ta’aalaita yaa dzal jalaali wal ikroom.”

Artinya: Ya Allah, engkaulah Dzat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya darimu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepadamua lah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Dzat yang berkah wahai Tuhan kami dan maha luhur Engkau, Ya Tuhan kami yang Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Baca Juga:Heboh Kelakar Menag Yaqut Lupa Nama Rektor UIN Jakarta Gegara Terganggu Suara Zikir, Banjir Kecaman Publik

“Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Allahumma laa maani’a lima a’thoita wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfau dzal jaddi minkal jaddu.”

Artinya: Tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya yang menyelamatkan dari siksaan). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan). 

“Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Laa hawla wa laa quwwata illa billah. Laa ilaha illallah wa laa na’budu illa iyyah. Lahun ni’mah wa lahul fadhl wa lahuts tsanaaul hasan. Laa ilaha illallah mukhlishiina lahud diin wa law karihal kaafiruun.”

Artinya: Tiada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujaan. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepadaNya. Bagi-Nya nikmat, anugerah dan pujaan yang baik. Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah kepadaNya, sekalipun orang-orang kafir sama benci.

“Subhanallah wal hamdulillah wallahu akbar (33 x). Laa ilaha illallah wahda, laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.”

Artinya: Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, dan Allah Maha Besar (33 x). Tidak ada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan. BagiNya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Oke, itu tadi bacaan zikir salat yang lengkap dengan artinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu ketika ingin mengucapkan zikir setelah ibadah salat. 

Kontributor : Dinar Oktarini

Lifestyle

Terkini

Kemenparekraf akan fokus terhadap tiga agenda prioritas. Yakni program recovery dan rebuilding, digital transformation serta sustainability.

News | 20:50 WIB

teater Lidah Pem(ng)ikat Bangsa bakal pentas di Kedai Kebun Forum 10-11 Februari 2023.

News | 16:41 WIB

usai melakukan pengeroyokan di kawasan Tempel. Sleman, pelaku lari ke arah Kota Jogja

News | 16:29 WIB

longsor di kawasan Breksi dipicu hujan yang mengguyur wilayah tersebut sejak beberapa hari terakhir

News | 16:25 WIB

Apabila di rata-rata dalam setahun, per hari terdapat 240 orang bergabung menjadi AgenBRILink.

News | 16:00 WIB

Sandi mengajak semua menteri dan delegasi yang hadir untuk menjadi rojali di ATF tahun ini.

News | 11:16 WIB

Saya ngajak kerjasama parpol (partai politik), pemerintah mengajukan RUU Perampasan Aset.

News | 11:12 WIB

Masyarakat yang sedang melakukan aktivitas di CFD menjadi target utama dari pemasaran produk SUN Ritel khususnya SBR.

News | 23:43 WIB

massa Forum Ukhuwah Islamiyyah DIY gelar aksi mengecam pembakaran Al Quran di Swedia

News | 23:18 WIB

Mahfud MD menyinggung RUU tentang Pembatasan Uang Kartal yang belum juga disahkan.

News | 23:09 WIB

BRI berhasil meraih peringkat bergengsi dari Asean Corporate Governance Scored Card atau ACGS.

News | 20:01 WIB

Terrence menyebutkan bahwa wilayah Asia Tenggara masih menjadi sumber utama bagi Singapura.

News | 14:22 WIB

Teror itu bermuatan politik. Teror buat masyarakat ketakutan. Kalau orang ketakutan, ada orang masuk seolah pahlawan.

News | 14:05 WIB

Program MRA-TP dirancang untuk memfasilitasi pergerakan tenaga kerja profesional pariwisata antaranggota ASEAN

News | 13:55 WIB

Yogyakarta menjadi tuan rumah gelaran ASEAN Tourism Forum atau ATF 2023.

News | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak