Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Kotak hitam (black box) pesawat Sriwijaya Air SJ-182 diperlihatkan di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

SuaraJogja.id - Sebuah video viral di media sosial dengan narasai yang menyebutkannya sebagai rekaman percakapan pilot Sriwijaya Air sebelum jatuh. Di sisi lain, Menkopolhuka Mahfud MD memberi penjelasan setelah dituduh membubarkan FPI tanpa proses peradilan.

Di samping itu, Nikita Mirzani kembali mendatangkan sensasi lewat foto mesra dengan Dimas Beck. Sementara itu di Bantul, warga Kalurahan Tirtoharjo mengeluhkan tambang pasir di Sungai Opak gara-gara air sumur mereka jadi asin.

Terakhir, vaksin Covid-19 di DIY akan dibagikan dengan jatah pertama untuk Sleman dan Yogyakarta. Berikut SuaraJogja.id mengulas lima berita terpopuer pada Selasa (12/1/2021) kemarin:

1. Viral Rekaman CVR Soal Percakapan Sebelum Sriwijaya Air Jatuh, Ini Faktanya

Baca Juga: Cuaca di Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air Diprediksi Hujan Ringan Hari Ini

Sejumlah informasi liar bermunculan terkait tragedi kecelakaan Sriwijaya Air SJ182. Terbaru, beredar rekaman percakapan yang diduga pilot Sriwijaya Air sebelum jatuh.

Rekaman video yang diklaim sebagai Cockpit Voice Recorder (CVR) tersebut sempat dibagikan oleh pemilik akun TikTok bernama @monocolusjunior, hingga viral di media sosial tersebut.

Baca selengkapnya

2. Air Sumur Jadi Asin, Warga Tirtohargo Keluhkan Tambang Pasir di Sungai Opak

Baca Juga: Sutarmidji Minta Sriwijaya Air Sampaikan Data Akurat Korban Asal Kalbar

Sejumlah masyarakat yang tinggal di wilayah Padukuhan Baros dan Padukuhan Karang, Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Bantul mengeluh terhadap aktivitas penambangan pasir di muara Sungai Opak.

Penambangan di perbatasan Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek dan Kalurahan Parangtritis, Kretek, Bantul yang diklaim tanpa izin itu berpotensi menyebabkan intrusi air laut yang berpotensi menyebabkan air sumur warga terasa asin.

Baca selengkapnya

3. Dituduh Bubarkan FPI Tanpa Proses Peradilan, Mahfud MD Berikan Penjelasan

Presenter Deddy Corbuzier mengundang Menteri Koordinasi Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD untuk membahas mengenai pembubaran organisasi yang tengah ramai selama beberapa waktu terakhir. Dalam podcast yang diunggah di kanal YouTube Deddy Corbuzier tersebut, Mahfud menjelaskan berbagai pertanyaan yang kerap disampaikan warganet di media sosial.

Pada video berdurasi 50 menit tersebut, Mahfud menyampaikan jika FPI sudah bubar dengan sendirinya seiring dengan surat keterangan yang berakhir pada bulan Juni tahun 2019. Untuk memperbaharui, perlu mengikuti UU yang baru. Mahfud menyebutkan jika FPI menolak untuk mengikuti UU dan mengubah AD/ART.

Baca selengkapnya

4. Sleman dan Kota Jogja Dapat Jatah Pertama Vaksin Covid-19

Kabar baru bagi penerima vaksin COVID-19. Pascaditerimanya 26.800 dosis vaksin tahap pertama dari pemerintah pusat pada pekan lalu, Pemda DIY bersiap untuk menyalurkan vaksin COVID-19 ke kabupaten/kota.

Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta akan mendapatkan jatah pertama menerima vaksin tersebut. Dinas Kesehatan (dinkes) Sleman rencananya akan menerima 12.342 dosis vaksin. Sedangkan Dinkes Kota Yogyakarta menerima 9.728 dosis vaksin.

Baca selengkapnya

5. Pamer Pose Mesra dengan Dimas Beck, Nikita Mirzani Bilang "I Love You"

Sosok Nikita Mirzani selalu dikaitkan dengan hal sensasional. Pribadi yang senang menyampaikan pendapat secara langsung dan blak-balakan membuat Nikita kadang tidak disukai beberapa kalangan.

Selain itu, ibu tiga anak ini juga kerap dikabarkan dekat dengan beberapa orang pria dan beberapa kali gagal membina rumah tangga.

Baca selengkapnya

Komentar