Eleonora PEW
Wisatawan mengunjungi kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan di Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (1/7/2020). [ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah]

SuaraJogja.id - Sejauh ini sudah 30 tahun sejak Candi Prambanan ditetapkan sebagai World Heritage oleh UNESCO, Senin (13/12/2021). Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah serta PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) pun menyelenggarakan syukuran untuk memperingatinya.

Kegiatan syukuran yang diselenggarakan di Lapangan Garuda Mandala, kompleks Candi Prambanan tersebut juga didukung oleh Bimas Hindu Jateng dan DIY dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY dan Jawa Tengah.

Acara syukuran dengan menggelar tumpengan ini menandakan wujud syukur atas penetapan Prambanan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk sinergi dan harmonisasi untuk menjadikan Prambanan sebagai sumber inspirasi bangsa.

"Melalui tema Spreading Spiritual Values from Indonesia to The World, perayaan 30 tahun penetapan Candi Prambanan sebagai World Heritage ini menjadi momentum untuk mendorong nilai-nilai moderasi agama," kata Ketua PHDI DIY I Nyoman Warta.

Baca Juga: Kesenian Rengganis Banyuwangi Ditetapkan Warisan Budaya Tak benda

Menurut dia, hal ini sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo saat Dharmasanti Nyepi 2020, yang menyebutkan bahwa Candi Prambanan dan Candi Sewu merupakan lambang toleransi yang sudah ada sejak abad 8-9 Masehi.

"Umat Hindu dalam memaknai 30 tahun Candi Prambanan sebagai warisan budaya dunia dengan turut andil dalam pelestarian. Pelestarian yang dimaksud ialah pelestarian religi yang berdasarkan atas ritual keagamaan," katanya.

Prambanan Temple Compounds yang ditetapkan oleh UNESCO terdiri dari beberapa candi, yaitu Candi Prambanan, Candi Bubrah, Candi Lumbung, Candi Sewu, dan Candi Gana. Keberadaan kawasan candi dengan keragaman serta corak berbeda ini menginspirasi Menteri Agama RI untuk menggagas Prambanan sebagai pusat tempat ibadah bagi umat Hindu di Indonesia dan dunia.

Corporate Secretary PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) Emilia Eny Utari mengatakan, PT TWC sebagai pengelola destinasi berbasis cagar budaya berkomitmen menghadirkan spirit inspiring heritage di setiap destinasi yang dikelolanya dengan menekankan pentingnya replikasi serta pengembangan nilai-nilai yang ada di Prambanan untuk menginspirasi generasi penerus bangsa.

"Kami mengupayakan secara maksimal agar warisan budaya ini bisa menginspirasi generasi penerus. Jangan sampai bangsa kita mengakui masa lalu saja, tapi juga bisa meraih masa depan," katanya.

Baca Juga: 10 Wisata Candi Di Indonesia, Mulai Dari Borobudur Hingga Candi Jago

Menurut dia, dalam konteks ini, Prambanan akan hadir serta menjadi sumber inspirasi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, sosial budaya dan memberikan kemanfaatan yang bisa dirasakan semua masyarakat.

"Kami berharap kegiatan memperingati 30 tahun penetapan Candi Prambanan ini bisa menunjukkan kegiatan seni budaya yang menguatkan aspek kepariwisataan, khususnya di kawasan Candi Prambanan ini," katanya. [ANTARA]

Komentar