Eleonora PEW
Ilustrasi kecelakaan. [Suara.com/Eko Faizin]

SuaraJogja.id - Nyawa Novalan (24), anggota Sat Lantas Polres Gunungkidul tak bisa diselamatkan oleh Petugas Puskesmas Srandakan meski mereka telah bekerja keras. Anggota berpangkat Briptu tersebut dilarikan ke Puskesmas Srandakan usai mengalami kecelakaan tunggal di jalan Srandakan, Senin (10/1/2022) dinihari.

Kanit Laka Lantas Polres Bantul Iptu Marjono menuturkan, peristiwa nahas tersebut terjadi ketika Briptu Novalan bermaksud pulang ke Kulonprogo usai bertugas di wilayah Gunungkidul. Senin dinihari, korban mengendarai sepeda motor N Max bernomor polisi AB 6284 DB di tengah hujan lebat.

"Beliau melintas dari timur (Bantul) ke barat (Srandakan)," terang Marjono, Senin.

Usai bertugas mengurai kemacetan di Jalan Wonosari-Jogja tepatnya di perempatan Patuk, korban berniat pulang ke rumahnya di Padukuhan Klewonan RT 21 RW 09 Kalurahan Triharjo, Kapanewon Wates Kulon Progo. Korban menyusuri Jalan Palbapang-Srandakan yang berkontur halus, lurus dan lebar.

Baca Juga: Gaga Muhammad Ingin Cari Uang untuk Pengobatan Laura Anna, Tapi Tak Diberi Ruang

Saat itu korban melaju kencang meski kondisi cuaca tengah hujan deras. Sesampai di Jl.Srandakan tepatnya di depan “CT AKI” Padukuhan Samparan Kalurahan Caturharjo Kapanewon Pandak Bantul, kondisi jalan menikung.

"Kondisi jalan memang sepi, sehingga membuat pengendara memacu kendaraannya," terangnya.

Berdasarkan keterangan para saksi, saat itu korban melaju dari arah Bantul menuju Srandakan dengan kecepatan tinggi. Sesampai di jalan menikung, korban kehilangan kendali. Bahkan sepeda motor korban ke luar aspal karena sulit untuk dihentikan.

Karena kecepatan tinggu, korban keluar dari aspal dan terus melaju. Sepeda motor korban baru berhenti kerika menabrak tiang penerangan jalan. Benturan cukup keras mengakibatkan sepeda motor korban mengalami kerusakan cukup parah.

Usai menabrak tiang penerangan jalan, korban kemudian terjatuh terpental dan pengendara membentur tembok rumah warga. Akibat peristiwa tersebut, korban mengalami luka berupa cedera kepala berat.

Baca Juga: Gaga Muhamad Anggap Rumah Sakit Telat Menangani Laura Anna

"Warga yang melihat peristiwa tersebut langsung melaporkannya ke polisi," terang dia.

Sesaat kemudian, korban dilarikan ke Puskesmas Srandakan. Namun akibat luka yang dideritanya cukup parah, korban tidak bisa diselamatkan dan dinyatakan meninggal dunia.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Martinus membenarkan bahwa anggotanya mengalami kecelakaan tunggal di jalan Srandakan, Senin (10/1/2022). Saat itu, anggota tersebut tengah perjalanan pulang dari melaksanakan dinas sebagai anggota Satlantas Polres Gunungkidul.

"Karena hari minggu anggota tersebut selesai melaksanakan pengaman jalur di Patuk mengurai kemacetan," ungkap Martinus.

Kontributor : Julianto

Komentar