Galih Priatmojo
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

SuaraJogja.id - Memasuki pertengahan pekan kedua bulan Januari 2022 ini, kasus covid-19 kembali ditemukan di Gunungkidul. Padahal, awal pekan ini, Gunungkidul mampu mencatatkan nihil kasus covid-19 yang hanya bertahan 3 hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan hari ini pihaknya kembali menemukan kasus covid19 baru. Pasien covid-19 yang baru ini merupakan suspect yang mengalami gejala covid-19.

"Kita tes ternyata positif, jadi kita ada kasus lagi," tuturnya, Kamis (13/1/2022).

Menurut Dewi, kasus covid-19 terbaru tersebut berasal dari kapanewon Playen yang sebelumnya merupakan daerah tertinggi kedua terbanyak di Gunungkidul. Saat ini pasien tersebut menjalani perawatan di RSUD Wonosari.

Baca Juga: Liburan Singkat di Pantai Kesirat Gunungkidul

Berdasarkan penelusuran sementara, warga Playen tersebut terpapar setelah keluarganya melakukan perjalanan ke luar kota. Kini pihaknya berupaya melakukan tracing contact dari pasien covid-19 yang baru tersebut.

"Kita lakukan penelusuran kontak erat pasien tersebut," terangnya. 

Berkaca dari kasus baru tersebut, Dewi meminta kepada masyarakat Gunungkidul untuk waspada terhadap siapapun dan dimanapun. Karena tidak ada yang mengetahui riwayat orang yang ditemui. Protokol kesehatan memang menjadi hal yang sangat penting untuk mencegahnya.

Dewi menambahkan sebelumnya angka vaksinasi di atas 80 persen dan kemungkinan besar vaksinasi anak-anak 6-11 tahun akan selesai sampai Januari 2022 mendatang. Dan saat ini  pihaknya menggenjot vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Sampai saat ini vaksinasi usia 6-11 tahun sudah mencapai 5.600 orang dari sasaran 56.586 anak.

Kontributor : Julianto

Baca Juga: Sunaryanta Kerap Bongkar Pasang Pejabat, Gaji ASN di Gunungkidul Telat Dibayarkan

Komentar