Eleonora PEW
Sejumlah wisatawan berada di salah satu spot foto di Taman Wisata Breksi. - (Kontributor SuaraJogja.id/Uli Febriarni)

SuaraJogja.id - Pengelola taman wisata Breksi, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman tetap mengimbau wisatawan yang datang menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Imbauan tetap disampaikan pengelola, meskipun Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan kebijakan pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka, Selasa (17/5/2022).

Kepala Humas dan Informasi Taman Wisata Breksi M Halim mengungkapkan, kebijakan yang dikeluarkan oleh presiden masih bersifat imbauan. Pasalnya, pelonggaran tak mengenakan masker bisa dilakukan masyarakat di tempat yang tidak banyak orang.

"Wisatawan tetap kami imbau pakai masker karena kan belum dikatakan pandemi berakhir. Kalau menuju ke sana [berakhir] itu Insya Allah," tutur Halim, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Jokowi Longgarkan Penggunaan Masker di Luar Ruangan, Pemkab Bantul Belum Berani Terapkan

Kendati demikian, pengelola tidak lagi menghampiri pengunjung yang enggan menggunakan masker seperti saat sebelumnya. Melainkan hanya menyampaikan imbauan lewat pelantang.

"Demi wisata aman dan nyaman. Papan berisi imbauan agar wisatawan menerapkan prokes tetap kami pasang. Belum kami copot," sebutnya.

Kendati demikian, Halim menilai adanya pelonggaran penggunaan masker menjadi angin segar bagi pengelola wisata, pelaku wisata hingga pegiat usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Sekarang semakin nyaman, setelah sebelumnya [aturan] ketat. Apalagi saat ini banyak pihak mulai menggerakkan bisnis dan pariwisata. Menggerakkan ekonomi," ucapnya.

Selain masker, wisatawan tetap diminta pula untuk cuci tangan menggunakan sabun dan air di tempat yang disediakan.

Baca Juga: Petugas Google Maps Tanya Jalan Viral, Rumah di Playen Bekas Syuting KKN di Desa Penari Dijual Rp60 Juta

"Untuk jaga jarak kami juga hanya memberi imbauan, kami menegur kalau sudah sampai ada terlalu dekat sampai saling rangkul saja," tambahnya.

Komentar