Galih Priatmojo
SEA Games Tanpa Elkan Baggott, Shin Tae-yong Blunder Daftarkan Namanya?/Twitter @InfoIndoPilihan

SuaraJogja.id - Nama Elkan Baggott masuk long list nama pemain yang dibawa oleh Shin Tae-yong pada pagelaran SEA Games 2021 di Vietnam. Namun hingga Timnas Indonesia U-23 kalah dari Thailand di partai semifinal SEA Games Kamis, (21/5/2022).

Banyak publik yang berspekulasi bahwa Shin Tae-yong melakukan blunder usai menyertakan nama Elkan Baggott ke dalam skuad Timnas Indonesia U-23 SEA Games.

Dari 5 pemain abroad timnas yang didaftarkan ke SEA Games cabang olahraga (cabor) sepak bola, hanya Elkan Baggott yang tidak muncul dan bergabung dengan skuad Garuda Muda. Selebihnya nama-nama seperti Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam dan Egy Maulana Vikri tampil di ajang tersebut.

Meskipun pada kenyataannya Asnawi Mangkualam tidak bisa memperkuat Timnas di laga perdana lawan Vietnam dan Saddil Ramdani harus kembali ke klubnya usai membela Indonesia di dua laga awal babak penyisihan Grup A dan kembali memperkuat Timnas pada babak semifinal.

Baca Juga: Firza Andika Minta Maaf ke Pemain Thailand Setelah Diberi Kartu Merah Karena Pelanggaran

Namun hingga laga semifinal yang mempertemukan Indonesia dan Thailand sosok Elkan Baggott tak kunjung bergabung dengan skuad Garuda Muda, padahal PSSI kerap meyakinkan kepada publik bahwa Elkan Baggott akan menyusul rekan-rekannya ke Vietnam. 

Tercatat selama SEA Games berlangsung, Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi sudah 2 kali memberikan keterangan mengenai Elkan Baggott.

Pada tanggal 7 Mei usai Indonesia kalah dari tuan rumah Vietnam Yunus Nusi memberikan keterangan bahwa Elkan Baggott belum dilepas oleh klubnya. Lalu pada tanggal 13 Mei jelang laga Indonesia lawan Filipina, Yunus Nusi mengatakan jika pihaknya meminta Elkan Baggott untuk datang ke Hanoi, Vietnam. Tapi tidak ada tanda-tanda mengenai kedatangannya hingga menjelang laga semifinal yang mempertemukan Indonesia dan Thailand.

Pada sesi jumpa pers usai laga semifinal SEA Games antara Indonesia vs Thailand, Shin Tae-yong turut menyebut nama Elkan Baggott. Menurut pria yang berkebangsaan Korea Selatan tersebut, tidak adanya Elkan Baggott membawa dampak besar terhadap strategi yang ingin dia terapkan di SEA Games kali ini.

"Hari ini Indonesia kekurangan sosok pemimpin seperti Elkan Baggott. Dia memiliki peran yang besar dalam skema permainan kami. Absennya Elkan memberikan dampak yang besar bagi mentalitas dan juga permainan kami," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga: Kalah Lawan Thailand di Semifinal SEA Games 2021, Nasib Shin Tae-yong Dipertanyakan

Tidak bergabungnya Elkan Baggott dengan skuad Garuda Muda di SEA Games 2021 Vietnam membuat publik bertanya-tanya.

"Lantas, jika sejak awal tahu Baggott tidak bisa datang ke SEA Games 2021, mengapa Shin Tae-yong mendaftarkan namanya? Apalagi sejak awal Shin Tae-yong tahu bahwa Baggott belum pasti bergabung dengan Timnas Indonesia. sehingga menambah pemain yang pasti saja dapat memanfaatkan kuota pemain," kata salah seorang netizen.

"Seharusnya elkan bilang gabisa dateng dri jauh-jauh hari biar ga ke pilih, sty kan mikir nya, liga di sono udh mau selesai makanya di pilih, eh ternyata ada masalah kesehatan," kata netizen satunya.

"Kasian juga bek tengah gaada secara stamina pasti paling capek posisi satu satunya yang ga pernah ada di ganti turnamen kemaren," ungkap netizen lainnya.

Kontributor : Moh. Afaf El Kurnia

Komentar