Nisan Salib di Pemakaman RS Bethesda, Yogyakarta Dicabut dan Dibakar

Liberty Jemadu
Nisan Salib di Pemakaman RS Bethesda, Yogyakarta Dicabut dan Dibakar
Nisan yang dicabut dari pusaranya di makam Betesda Mrican Jln.Gejayan, Sabtu (6/4/2019) sore. [Harian Jogja/Yogi Anugrah]

Pengrusakan nisan salib juga pernah terjadi di Yogyakarta pada Desember 2018 dan di Magelang, Jawa Tengah pada Januari 2019.

Suara.com - Sejumlah nisan salib di Permakaman RS Bethesda, Mrican, Depok, Sleman, Yogyakarta diketahui telah dicabut, dipatahkan, dan dibakar oleh orang tak dikenal pada Sabtu (6/4/2019).

Berdasarkan pengamatan Suara.com, lokasi pencabutan nisan tak jauh dari pintu masuk makam. Nisan-nisan yang dirusak umumnya berbahan kayu.

Di sisi kanan, terdapat satu makam yang dicabut nisannya. Nisan salib dari kayu itu diletakkan begitu saja di atas karung, di dekat payung berwarna merah-putih.

Di lokasi lain juga terdapat salib kayu yang dilepas. Salib tersebut disandarkan di dekat nisan lain berbahan marmer.

Di lokasi ketiga, terdapat sisa-sisa pembakaran salib kayu. Tumpukan arang tampak masih ada di atas makam. Di dekatnya, terdapat tali biru dan sak semen. Di makam itu masih terlihat sisa salib kayu yang telah dipatahkan.

Hingga berita ini ditayangkan, Penjaga Makam RS Bethesda Hari Yuniarto belum dapat dihubungi. Sementara, Kapolsek Depok Barat Kompol Sukirin Hariyanto saat ditemui di kantornya enggan memberikan komentar.

Anggota polisi yang bertugas mengatakan Kapolsek belum dapat memberikan keterangan karena laporan baru diterima sekitar pukul 20.00 WIB.

Peristiwa pengrusakan nisan salib bukan kali pertama di Yogyakarta. Pada Desember 2018 lalu, nisan salib pada makam seorang warga Kotagede digergaji.

Sementara pada Januari 2019, belasan nisan salib di Pemakaman Umum Giriloyo Karet, Magelang, Jawa Tengah, juga dirusak oleh orang tak dikenal. Magelang dan Yogyakarta hanya berjarak sekitar 44 kilometer.

Kontributor : Sri Handayani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS