Kisah Ani Yudhoyono yang Menjadi Pelanggan Tetap di Warung Soto Ini

Chandra Iswinarno
Kisah Ani Yudhoyono yang Menjadi Pelanggan Tetap di Warung Soto Ini
Tempat duduk favorit Ani Yudhoyono sejak puluhan tahun di Soto Ayam Miroso Yogyakarta. [Suara.com/Rahmad Ali]

Bagi Wawan, Ani Yudhoyono dan keluarganya bukanlah orang yang asing, lantaran menjadi pelanggan tetapnya sejak Tahun 1995.

Suara.com - Wafatnya mantan ibu negara yang juga Istri Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Kristina Herrawati atau dikenal dengan Ani Yudhoyono karena sakit kanker darah usai dirawat di National University Hospital (NUH) Singapura pada Sabtu (1/6/2019) menyisakan kenangan tersendiri bagi Pemilik Soto Ayam Miroso Yogyakarta, Banu Wirawan yang akrab disapa Wawan.

Bagi Wawan, Ani Yudhoyono dan keluarganya bukanlah orang yang asing, lantaran menjadi pelanggan tetapnya sejak Tahun 1995.

"Ibu Ani dan Pak SBY itu sudah menjadi pelanggan lama di sini sejak menjabat Komandan Korem Yogyakarta sekitar tahun 1994/1995," Kata Wawan Minggu (02/05/2019)

Mendengar kabar kepergian Ani Yudhoyono Wawan menyampaikan duka mendalamnya.

"Kita keluarga besar Soto Miroso sangat kehilangan sosok ibu yang ramah, yang baik, yang menyayangi karyawan. Turut berbela sungkawa, semoga diterima amal baik beliau dan diampuni dosa khilafnya," kata Wawan

Wawan mengatakan Presiden Keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono terakhir kali mengunjungi warungnya Januari silam.

"Terakhir ibu ke sini awal tahun ini. Dan itu menjadi benar-benar yang terakhir," kenang Wawan

Wawan sendiri sudah hafal menu favorit istri Presiden Keenam Republik Indonesia ini.

"Kita khusus Soto Ayam kampung, untuk minumannya beliau pas kondisi fit beliau selalu minum es jeruk. Kalau nggak ya jeruk anget dan biasanya di sini, beliau suka ampela hati digoreng kering sama goreng ayam dada yang kering juga," imbuhnya

Wawan menambahkan, Ani Yudhoyono sudah memiliki kursi favorit sejak puluhan tahun.

"Beliau itu dengan bapak tidak pernah mau duduk di meja lain selain meja depan kasir. Semenjak 20 tahun yang lalu beliau selalu duduk di situ," imbuhnya

Selain sebagai ibu negara, Wawan mengganggap Ani Yudhoyono sebagai keluarganya sendiri. Sehingga suatu ketika, ia ingin menggratiskan hidangan sotonya tetapi ditolak oleh Ani.

"Suatu ketika beliau waktu itu istri presiden, karena kita merasa bangga, pernah suatu ketika enggak suruh bayar. Bu Ani malah marah dan mengancam tidak akan makan di sini lagi," kenangnya

Kontributor : Rahmad Ali

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS