Temuan Mayat di Magetan, Korban Mahasiswa Asal Timor Leste

Chandra Iswinarno
Temuan Mayat di Magetan, Korban Mahasiswa Asal Timor Leste
Konferensi pers penemuan mayat Joao Bosco Batista di Markas Polda DIY. [Suara.com/Putu Ayu]

Jenazah dari Magetan dikirim ke Nganjuk, Jawa Timur. Namun karena di rumah sakit tersebut tidak memiliki alat autopsi yang lengkap, mayat dibawa ke RS Bhayangkara DIY.

Suara.com - Penemuan mayat atas nama Mr X yang ditemukan di Magetan, Jawa Timur (Jatim) pada 14 Juli 2019 akhirnya menemukan titik terang. Dari hasil autopsi jenazah yang dilakukan RS Bhayangkara, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diketahui Mr X atas nama Joao Bosco Batista, Warga Negara Asing (WNA) asal Timor Leste yang tengah berkuliah di DIY.

Dirreskrimsus Polda DIY, Kombes Pol Hadi Utomo di Polda DIY, Kamis (18/7/2019) mengungkapkan korban yang merupakan mahasiswa salah satu kampus swasta di DIY ini awalnya dilaporkan menghilang pada 2 Juli 2019. Namun dalam perkembangannya pada 3 Juli 2019, korban dilaporkan diculik.

"Pada tanggal 14 (Juli 2019), kemudian ada penemuan mayat di Magetan dari hasil pengaduan masyarakat dan laporan dari Polres Magetan," ujarnya.

Jenazah dari Magetan dikirim ke Nganjuk, Jawa Timur. Namun karena di rumah sakit tersebut tidak memiliki alat autopsi yang lengkap, mayat dibawa ke RS Bhayangkara DIY. Namun dari identifikasi awal, ciri-ciri dari mayat yang ditemukan merujuk pada Joao Bosco Batista.

Dari identifikasi dan otopsi di RS Bhayangkara ditemukan jenasah yang diketahui lahir 9 Januari 1998 sudah meninggal cukup lama sebelum ditemukan. Terdapat kerusakan jaringan dalam tubuh korban saat ditemukan.

Karenanya Polda DIY melakukan penyelidikan dan penyidikan untuk menemukan tersangka. Hal itu untuk memastikan penyebab kematian korban.

"Kami belum menangkap siapa pelaku atau tersangka. Untuk sementara masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan," ujarnya.

Polda sudah menginterogasi 9 saksi dalam kasus tersebut. Diperkirakan tersangka penyebab meninggalnya Bosco lebih dari satu orang.

"Belum bisa disebutkan siapa tersangkat namun sudah mengarah ke beberapa orang," tandasnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS