Selidi Kasus Enzo, KSAD: Akan Ada Pemeriksaan Lebih Saintifik

Chandra Iswinarno
Selidi Kasus Enzo, KSAD: Akan Ada Pemeriksaan Lebih Saintifik
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa. [Suara.com/Putu Ayu P]

Pemeriksaan dilakukan untuk membuktikan berbagai tudingan yang ditujukan pada WNI turunan Prancis tersebut.

Suara.com - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa menyatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan saintifik kepada seluruh calon prajurit di Akademi Militer (Akmil) TNI, termasuk pada Enzo Zenz Allie yang disebut-sebut terindikasi masuk organisasi terlarang HTI.

Pemeriksaan dilakukan untuk membuktikan berbagai tudingan yang ditujukan pada WNI turunan Prancis tersebut, termasuk mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD yang meminta Enzo dicopot dari Akmil.

"Akan ada pemeriksaan yang lebih saintifik, lebih ilmiah, menggunakan parameter yang sudah teruji untuk melihat dirinya, bukan orangtuanya, bukan siapa, karena kita ingin obyektif," papar Andika usai menjadi pembicara dalam penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di Lapangan Grha Sabha Pramana (GSP) UGM, Jumat (9/8/2019).

Menurut Andika, TNI berusaha untuk obyektif dalam memeriksa calon prajurit. Sebab pihaknya tidak ingin mengadili seseorang tanpa bukti yang kuat dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

TNI masih menunggu hasil pemeriksaan para calon prajurit di Akmil. Dari hasil tersebut, pihaknya bisa mengambil kebijakan yang diperlukan.

"Dilihat dulu hasilnya, dalam waktu dekat sehari dua hari, kami akan lakukan itu (pemeriksaan saintifik) tapi bukan hanya pada dia (Enzo) tapi semua yang ada disana (akmil)," tandasnya.

Sebelumnya, Mahfud menyarankan kepada TNI untuk mencopot Enzo dari Akmil, jika hal terbukti benar.

"Saran saya, kalau sudah gerakannya sudah ideologis seperti HTI, ya harus ditangkap. Kalau hanya pengajian biasa ya tidak apa-apa," katanya, Jumat (9/8/2019).

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS