Bakar Semangat Massa Aksi di DPR DIY, Dekan UII Berorasi Kenang Aksi '98

Chandra Iswinarno
Bakar Semangat Massa Aksi di DPR DIY, Dekan UII Berorasi Kenang Aksi '98
Dosen FH UII berorasi di depan massa aksi yang menggelar demonstrasi di depan Gedung DPRD DIY, Senin (30/9/2019). [Suara.com/Julianto]

Abdul Jamil mendukung gerakan mahasiswa yang menolak adanya revisi undang-undang KPK.

Suara.com - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Badan Eksekutif Mahasiswa Daerah DIY (FBD) terus menggelar aksi unjuk rasa di halaman Gedung DPRD DIY Senin (30/9/2019).

Tak hanya dari mahasiswa yang melakukan orasi ternyata dekan yang turut menyuarakan aspirasinya. Dua anggota DPRD DIY juga menemui mereka dengan berpidato di depan massa peserta aksi.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Dr Abdul Jamil SH terlihat cara melakukan orasi dengan berteriak. Dalam orasinya memberi apresiasi positif terhadap gerakan mahasiswa di gedung dewan tersebut. Aksi mahasiswa di depan gedung dewan ini menunjukkan Jika masih ada mahasiswa yang peduli dengan nasib bangsa ini.

"Ini murni gerakan mahasiswa yang peduli terhadap bangsa mohon kepada anggota dewan untuk memperlakukan baik baik kawan-kawan mahasiswa yang sedang berunjuk Rasa Ini," teriak Abdul Jamil.

Abdul Jamil mendukung gerakan mahasiswa yang menolak adanya revisi undang-undang KPK. Dia juga setuju dengan beberapa tuntutan mahasiswa terkait dengan rancangan undang-undang RKUHP dan beberapa undang-undang yang lain.

Adanya aksi di depan Gedung DPRD DIY mengingatkan pada aksi tahun 1998 yang lalu. Saat itu, ia juga ikut turun ke jalan menyuarakan aspirasi rakyat karena tindakan penguasa yang sudah tidak sesuai lagi dengan tujuan bangsa.

Wakil Ketua DPR DIY Tri Huda Yudiana mengaku mendukung aksi yang dilakukan oleh mahasiswa dan setuju dengan tuntutan dari massa aksi terutama soal Revisi Undang-undang KPK karena mengkebiri pemberantasan korupsi di tanah air.

Kontributor : Julianto

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS