Diduga Mengisap Asap Beracun, Warga Gunungkidul Tewas Tercebur Sumur

Chandra Iswinarno
Diduga Mengisap Asap Beracun, Warga Gunungkidul Tewas Tercebur Sumur
Tim SAR mengevakuasi korban dari dalam sumur di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta pada Minggu (10/11.2019). [Suara.com/Julianto]

Para pekerja menghidupkan alat genset. Tak berselang lama, para pekerja diduga keracunan asap genset yang masuk ke dalam sumur.

Suara.com - Dua pekerja sumur tewas usai kecebur di sumur milik warga di Dusun Plalar, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong pada Minggu (10/11). Keduanya diduga keracunan setelah menghirup asap gas dari mesin genset yang masuk ke dalam sumur.

Bhabinkamtibmas Desa Umbulharjo Bripka Eko Sapto Adi menuturkan, peristiwa tersebut berawal sekira pukul 12.30 WIB. Saat itu, tiga pekerja sumur, yakni Suhar (30), Karsiyo (34), dan Satiar (35), ditugaskan untuk menguras sumur di rumah Basuki Yono.

Untuk memudahkan dalam pengerjaan, para pekerja menghidupkan alat genset. Tak berselang lama, para pekerja diduga keracunan asap genset yang masuk ke dalam sumur.

"Dua orang pekerja yang menjadi korban diduga keracunan asap genset yang masuk ke sumur dan meninggal dunia," kata Eko kepada SuaraJogja.id, Minggu (10/11/2019).

Setelah dilakukan evakuasi selama satu jam, lanjut Eko, korban Suhar dan Karsiyo berhasil dievakuasi dari dalam sumur dalam keadaan meninggal dunia. Sementara, korban Satiar dievakuasi dalam kondisi lemas sehingga dievakuasi ke rumah sakit.

"Bapak Satiar berhasil dievakuasi dengan selama dan dibawa ke rumah sakit terdekat," ujarnya.

Pemilik sumur Basuki Yono tak menduga jika pengerjaan pengurasan sumur berujung petaka. Padahal, lanjut dia, sekira pukul 11.00 WIB, para pekerja berhasil memperbaiki mesin pompa yang rusak tanpa kendala. Setelah itu, para pekerja istirahat.

"Setelah mengurus mesin pompa, mereka lantas istirahat. Dan akan melanjutkan pengurasan sumur pukul 12.00 WIB," kata dia.

Namun nahas, lanjut dia, saat pengurasan sumur terjadi musibah. Ia menjelaskan para pekerja terkendala karena selang penguras dari mesin diesel tidak menjangkau hingga menyentuh bawah sumur.

Agar sampai ke dasar, Suhar turun ke dalam sumur, tetapi Suhar terjatuh. Melihat Suhar terjatuh, lantas Karsiyo dan Satiar berusaha menolong Suhar dengan kondisi seadanya. Pada saat menolong tersebut, para pekerja lupa mematikan mesin diesel.

"Para korban sudah berhasil dievakuasi dari dalam sumur," ujarnya.

Kontributor : Julianto

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS