Putri Sultan Bagi Tips Irit ala Anak Kos di Luar Negeri, Warganet Keheranan

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Putri Sultan Bagi Tips Irit ala Anak Kos di Luar Negeri, Warganet Keheranan
Putri bungsu Sri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Bendara - (Instagram/@gkrbendara)

Lulusan S2 Napier University di Edinburgh, Skotlandia ini mengakui, meski dianggap keren, kuliah di luar negeri membutuhkan beberapa trik supaya bisa berhemat.

SuaraJogja.id - Putri bungsu Raja Kesultanan Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwana X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara, kembali membuat heran warganet karena gaya hidupnya.

Kali ini sang putri raja disoroti setelah membagikan tips "ngirit" ala anak kos yang tinggal di luar negeri, melalui akun resmi Instagram miliknya.

Tips tersebut dibuat GKR Bendara berdasarkan pengalamannya sendiri ketika menempuh pendidikan di negeri orang.

Lulusan S2 Napier University di Edinburgh, Skotlandia ini mengakui, meski dianggap keren, kuliah di luar negeri membutuhkan beberapa trik untuk bisa berhemat.

Empat di antaranya itulah yang kemudian ia uraikan di media sosial. Yang pertama adalah tips untuk membeli daging.

"1. Supermarket di luar negeri selalu menempelkan tanggal kedaluwarsa daging, belinya yang mendekati tanggal kedaluwarsa karena biasanya diskon. Sampai tempat kos dimasukkan ke freezer," ungkap @gkrbendara.

Selain itu, di tips kedua dan ketiga, ia juga mempunyai trik tersendiri supaya tak perlu terlalu banyak membeli bahan makanan.

Unggahan putri bungsu Sri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Bendara - (Instagram/@gkrbendara)
Unggahan putri bungsu Sri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Bendara - (Instagram/@gkrbendara)

"2. Masak pakai bumbu sachet misalnya rendang, setelah jadi masakan langsung dmasukkan ke empat Tupperware kecil terus di freezer. Satu Tupperware itu satu kali makan untuk berdua.

3. Bekas masakan rendang tadi, kita buat untuk buat nasi goreng yang untuk dua porsi makanan," lanjutnya.

Bahkan, meski harus membatasi pengeluaran, bagi GKR Bendara, bukan berarti anak kos tidak bisa jalan-jalan. Untuk itu, ia membagikan juga tipsnya.

"4. Kalau mau jalan-jalan, jangan lupa cek tanggal-tanggal yang diskon. Misalnya di Inggris itu ada dua hari setahun di mana masuk kastel dan museum itu gratis, tapi harus booking dua bulan sebelumnya. Kalau bayar itu mahal sekali," tambah sang ibu tiga anak.

Bahkan di kolom komentar, saat menjawab pertanyaan warganet, GKR Bendara mengaku juga jarang mandi demi mengehemat air. Biasanya trik ini ia lakukan ketika musim dingin.

"Kalau winter, mandinya cukup beberapa hari sekali, sisanya cukup cuci muka dan sikat gigi," terang dia.

Kesederhanaan putri seorang sultan ini pun membuat wargaet terheran-heran sekaligus kagum. Tak ayal, banyak orang yang kemudian memujinya.

"Merinding bacanya Gusti... Luar biasa Putri Sultan yang cerdas dan panutan," komentar @lalitapangestika.

"Kirain kalau anak sultan sekolah di luar negeri hidupnya lavish gitu. Ternyata sama aja sama kayak anak beasiswa ya," ungkap @xavieralalitya.

"Putri raja macam apa ini, luar biasa hebat," puji @yulifajar25.

GKR Bendara naik becak. (Facebook)
GKR Bendara naik becak. (Facebook)

Sebelum ini, GKR Bendara juga pernah dibanjiri komentar positif karena tertangkap kamera saat hendak naik becak.

Di video yang viral pada September lalu itu, GKR Bendara tengah berjalan di trotoar Jalan Malioboro, Yogyakarta, kemudian meminta diantar tukang becak ke suatu tempat.

Saat berbicara pada si penarik becak, GKR Bendara sedikit membungkukkan badannya dan terdengar berbicara dalam bahasa Jawa krama alus.

"Sederhana sekali, Putri Sri Sultan Hamengkubuwono X naik becak. Pak becak aja enggak tahu kalau yang naik becak itu anaknya Raja. hihihi," tulis @jogjaistimewa, salah satu akun yang mengunggah videonya di Instagram.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS