Nyalon Bupati Sleman, Ini Sosok Mumtaz Rais Anak Amien Rais

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Nyalon Bupati Sleman, Ini Sosok Mumtaz Rais Anak Amien Rais
Cabup Sleman Mumtaz Rais - (Instagram/@mumtaz.rais)

Namanya mulai banyak diperbincangkan setelah ditemukan baliho yang menampilkan fotonya di salah satu jalan utama di DIY, simpang empat Jalan Kaliurang, Sleman.

SuaraJogja.id - Pilkada Sleman 2020 makin dekat, dan sejumlah kandidat yang siap bertarung memperebutkan kursi bupati sudah mulai melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Salah satunya adalah Ahmad Mumtaz Rais, anak ketiga Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

Namanya mulai banyak diperbincangkan setelah ditemukan baliho yang menampilkan fotonya di salah satu jalan utama di DIY, simpang empat Jalan Kaliurang, Sleman.

"Slemanial 2020. Milenial untuk Sleman. Mumtaz Rais Wiryosudarmo, MPA. #PutraAsliSleman," bunyi tulisan di baliho itu.

Pencalonan Mumtaz Rais ini membuktikan ambisi besarnya di dunia politik karena ia tak serta merta menyerah setelah kalah dalam Pemilu 2019.

Baliho Mumtaz Rais di Jalan Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. [Suara.com/Uli Febriarni]
Baliho Mumtaz Rais di Jalan Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. [Suara.com/Uli Febriarni]

Sebelumnya ia pernah menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 dari PAN, mewakili dapil Jawa Tengah VIII, yang meliputi Kabupaten Cilacap dan Banyumas.

Dalam pemilu tersebut, dirinya menjadi caleg termuda PAN, yang kemudian, setelah lolos, bertugas di komisi VI, yang menangani perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, UKM, BUMN dan Badan Standardisasi Nasional.

Lima tahun berselang, pada Pemilu 2019 pria kelahiran Yogyakarta, 17 September 1983 ini maju lagi sebagai calon anggota DPR RI dapil Jawa Tengah VI, yang mencakup Kabupaten Temanggung, Purworejo, Wonosobo, Magelang, dan Kota Magelang.

Namun, rupanya Mumtaz Rais gagal melenggang ke Senayan, tak seberuntung kedua kakaknya -- Ahmad Hanafi Rais, yang berhasil mempertahankan kursi di DPR RI dapil DIY, dan Hanum Salsabiela Rais, yang lolos ke DPRD DIY dapil VI Sleman Utara -- serta adik bungsunya, Ahmad Baihaqy Rais, yang menemani Hanum di DPRD DIY, mewakili dapil IV Kulon Progo.

Lulusan S1 Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini juga diketahui adalah menantu Ketum PAN sekaligus Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ia menikah dengan Futri Zulya Safitri pada Oktober 2011, dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai saksi mempelai pria dan mendiang Ibu Negara ke-6 Ani Yudhoyono sebagai saksi mempelai wanita.

Dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai satu anak perempuan dan satu laki-laki.

Sebelumnya, Sekretaris DPD PAN Sleman Arif Kurniawan mengakui, Mumtaz Rais adalah salah satu dari tiga kader yang diusung PAN sebagai calon bupati Sleman dalam Pilkada 2020 mendatang.

Sementara, dua kader lainnya adalah Ketua PAN Sleman Sadar Narimo dan putra Bupati Sleman Sri Purnomo, Raudi Akmal.

"Ya kami masih melakukan proses penjaringan ini. Artinya bisa jadi akan dipilih satu nama atau malah tiga-tiganya kami pilih. Tapi untuk menambah nama lain sepertinya tidak kami lakukan. Karena orang-orang ini sudah cukup," jelas dia pada SuaraJogja.id, Senin (11/11/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS