Mumtaz Rais Nyalon Bupati Sleman, DPD PAN Sleman: Tak Ada Perlakuan Khusus

Chandra Iswinarno | Muhammad Ilham Baktora
Mumtaz Rais Nyalon Bupati Sleman, DPD PAN Sleman: Tak Ada Perlakuan Khusus
Baliho Mumtaz Rais di Jalan Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. [Suara.com/Uli Febriarni]

Arif mengungkapkan dari tiga nama tersebut bisa jadi akan diperas menjadi satu nama. Namun bisa juga tiga nama tersebut ikut bertarung bersama kader dari partai lainnya.

SuaraJogja.id - Dewan Perwakilan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Sleman tak akan memberi perlakuan khusus terhadap kader partai yang akan bertarung di Pilkada 2020 mendatang. Meski satu dari nama calon yang telah dijaring berasal dari keluarga pimpinan partai, hal itu tetap melalui mekanisme yang ada di dalam partai.

Sebelumnya, anak ketiga Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais muncul sebagai nama yang diusung dalam penjaringan calon Bupati Sleman pada Pilkada 2020 mendatang. Dua nama lainnya yang memperebutkan tiket calon tersebut yakni, ketua DPD PAN Sleman, Sadar Narimo dan anak dari Bupati Sleman, Raudi Akmal.

Sekretaris DPD PAN Sleman Arif Kurniawan menegaskan, mekanisme yang harus dilalui tiga nama tersebut tak ada perlakuan khusus.

"Hingga saat ini sudah ada tiga nama yang kami usung sebagai calon Bupati Sleman dalam pilkada 2020 mendatang. Kami tak memberi perlakuan khusus untuk mekanismenya ke depan. Yang jelas semuanya sama," kata Arif saat dihubungi Suara.com pada Senin (11/11/2019).

Arif mengungkapkan dari tiga nama tersebut, bisa jadi akan diperas menjadi satu nama. Namun, bisa juga tiga nama tersebut ikut bertarung bersama kader dari partai lainnya.

"Ya kami masih melakukan proses penjaringan ini. Artinya bisa jadi akan dipilih satu nama atau malah tiga-tiganya kami pilih. Tapi untuk menambah nama lain sepertinya tidak kami lakukan. Karena orang-orang ini sudah cukup," jelas dia.

Saat dikonfirmasi mengenai kedekatan Mumtaz dengan DPD PAN Sleman, Arif mengaku hal tersebut masih dilakukan mantan anggota DPR RI periode 2009-2014 itu.

"Komunikasi ini (antara Mumtaz dan DPD PAN Sleman) terus dijalin. Artinya langkah-langkah pendekatan dari segala aspek, baik kader partai, warga dan sejumlah tokoh yang ada di Sleman mulai dilakukan," tambahnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan hingga kini baik DPD dan DPD PAN Sleman masih menyiapkan mekanisme untuk menetapkan tiga nama tersebut. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan survei kepada masyarakat terkait tiga nama calon yang diusung menjadi Bupati Sleman pada Pilkada tahun depan.

"Kami masih menggodok mekanisme penjaringan nama-nama calon itu. Kita juga akan melakukan survey ke masyarakat terhadap nama calon yang kami usung ini. Apakah mereka kenal atau tidak, kedekatan mereka baik atau tidak dengan warga dan lainnya," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS