Jogja Diterjang Hujan Angin, BPBD Sebut 11 Lokasi Terdampak Pohon Tumbang

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora
Jogja Diterjang Hujan Angin, BPBD Sebut 11 Lokasi Terdampak Pohon Tumbang
[Ilustrasi] Sekeluarga tertimpa pohon tumbang di Bogor, Sabtu (23/2/2019). (Suara.com/Rambiga)

Hujan tersebut, kata Hari, juga mengakibatkan ranting pohon beringin di kawasan Balai Kota Yogyakarta patah.

SuaraJogja.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta menyebut, terdapat 11 pohon tumbang di Yogyakarta usai diterjang hujan deras disertai angin, Minggu (8/12/2019). Hujan terjadi pada pukul 13.15 WIB hingga 14.30 WIB.

Kepala BPBD Kota Yogyakarta Hari Wahyudi mengungkapkan, pihaknya bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Yogykarta, DIY, Tagana Kota Yogyakarta, Linmas Yogyakarta, dan sejumlah petugas lainnya melakukan penangan pertama dengan memangkas pohon yang tumbang.

"Update terbaru pukul 17.39 WIB, ada 11 pohon tumbang yang tersebar di sejumlah kawasan di Yogyakarta. BPBD bersama tim melakukan tindakan berupa pemangkasan pohon yang mengganggu lalu lintas dan yang menimpa kabel listrik," kata Hari saat dikonfirmasi wartawan.

Ia mengungkapkan, 11 pohon tumbang tersebut terjadi di Jalan Ki Ageng Pemanahan, Umbulharjo (satu pohon); Jalan Kemendungan, Giwangan (satu pohon); dan Purbayan, Kotagede (dua pohon). Sementara, di wilayah Rejowinangun, Kotagede terdapat satu pohon ambruk.

"Jalan P Wibisono, Sorsutan, Umbulharjo ada dua pohon yang tumbang berjenis Mahoni dan Manding. Selain itu, di perumahan Asmara Mutiara ada satu pohon Melinjo tumbang," kata dia.

Hujan tersebut, kata Hari, juga mengakibatkan ranting pohon beringin di kawasan Balai Kota Yogyakarta patah. Selain itu, satu pohon beringin di kawasan Giwangan, Umbulharjo tumbang akibat hujan deras.

"Data terakhir satu pohon yang tumbang terdapat di Jalan AM Sangaji [Lapangan SMU 11], Cokrodingratan, Jetis. Rata-rata tinggi pohon mencapai 15 meter," kata dia.

Meski terdapat banyak pohon tumbang, Hari mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Korban jiwa nihil, untuk kerugian belum bisa kami pastikan. Yang jelas tim kami begerak cepat untuk menangkan pohon yang menutupi akses jalan pengendara," katanya.

Sebelumnya, hujan lebat disertai angin kencang melanda DI Yogyakarta, Minggu (8/12/2019) sekitar pukul 12.45 WIB sampai 14.30 WIB. Kejadian ini diikuti pemadaman listrik di sejumlah wilayah.

Menurut peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya, Kabupaten Gunungkidul dan Bantul paling berpotensi diguyur hujan badai, tetapi rupanya Kota Yogyakarta serta sebagian wilayah Kabupaten Sleman dan Kulon Progo mengalami cuaca serupa.

Tak hanya mati listrik, hujan badai juga mengakibatkan pohon tumbang di sejumlah titik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS