Angin Kencang Rusak Wisata Puncak Sosok saat Pengelola Terima Penghargaan

Galih Priatmojo
Angin Kencang Rusak Wisata Puncak Sosok saat Pengelola Terima Penghargaan
Hujan lebat dan angin kencang mempora-porandakan kawasan wisata Puncak Sosok di Bantul, Selasa (10/12/2019). [Julianto / Kontributor]

Pengelola objek wisata Puncak Sosok dapat penghargaan di lomba bertajuk Desa Wisata Nusantara dari Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi.

SuaraJogja.id - Hujan yang disertai dengan angin kencang melanda wilayah Bantul, Selasa (10/12/2019).

Salah satu wilayah Bantul yang terdampak yakni kawasan destinasi wisata Puncak Sosok yang terletak di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul.

Sejumlah bangunan yang ada di lokasi wisata itu porak-poranda diamuk hujan yang disertai angin kencang.

Ironisnya, sementara lokasi wisata Puncak Sosok diamuk angin kencang, para pengelolanya tengah menerima Anugerah lomba Desa Wisata Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi di Tebing Breksi Sleman.

Pada ajang itu, objek wisata Puncak Sosok meraih juara harapan 6 dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp7 juta serta uang pembinaan dan pendampingan senilai Rp400 juta.

Salah seorang pengelola Puncak Sosok, Huda, mengungkapkan hujan yang mulai terjadi sejak pukul 12.30 WIB memang cukup deras namun berlangsung tidak terlalu lama. Kendati demikian hujan tersebut disertai dengan angin kencang sehingga membuat salah satu bangunan utama pendopo di Puncak Sosok roboh.

Hujan deras disertai angin kencang mempora-porandakan kawasan wisata Puncak Sosok di Bantul, Selasa (10/12/2019). [Julianto / Kontributor]
Hujan deras disertai angin kencang mempora-porandakan kawasan wisata Puncak Sosok di Bantul, Selasa (10/12/2019). [Julianto / Kontributor]

"Iya mas, yang rusak malah bangunan baru," tuturnya ketika dikonfirmasi.

Menurut Huda bangunan tersebut baru didirikan sekitar 3 bulan yang lalu. Bangunan tersebut adalah salah satu pendopo yang rencananya akan digunakan sebagai tempat pertemuan ataupun juga warung kuliner tradisional di destinasi yang mulai ngehits.

Nampaknya struktur bangunan dari pendopo yang belum lama berdiri tersebut tak kuat menahan tiupan angin yang cukup kencang pada Selasa siang ini. Sehingga seluruh bangunan pendopo roboh rata dengan tanah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Tak hanya itu, angin kencang yang yang terjadi pada Selasa siang tersebut juga membuat tenda tenda di Puncak Sosok beterbangan. Kebetulan sore hari ini di Puncak Sosok akan diadakan acara Bawuran Fest. Tenda-tenda tersebut akan digunakan sebagai ruang pamer berbagai produk unggulan Desa Bawuran.

"Kebetulan acaranya baru dibuka sore ini," tambahnya.

Kontributor : Julianto

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS