Hujan Abu di Kartasura Cukup Tebal, Jarak Pandang Terbatas

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Hujan Abu di Kartasura Cukup Tebal, Jarak Pandang Terbatas
Hujan abu di Kartasura, Sukoharjo, pascaerupsi Merapi, Selasa (3/3/2020). - (Twitter/@Donyfir_)

Mobil yang melaju dengan kecepatan sedang pun makin memperlihatkan abu di jalan raya beterbangan terhempas ban.

SuaraJogja.id - Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah diserbu hujan abu yang cukup "lebat", Selasa (3/3/2020) pagi, pascaerupsi Gunung Merapi. Situasi tersebut dibagikan akun @Donyfir_ di Twitter melalui sebuah video.

Dalam rekamannya, ia memperlihatkan jalanan di Kartasura yang tertutup abu vulkanik. Bahkan jarak pandang tampak terbatas karena "guyuran" hujan abu tersebut.

Mobil yang melaju dengan kecepatan sedang pun makin memperlihatkan abu di jalan raya beterbangan terhempas ban. Tak banyak kendaraan yang melintas pada videonya. Hanya ada tiga pengendara sepeda motor yang tertangkap kamera dan beberapa mobil.

"Jalan Solo-Jogja hujan abu lumayan deres, tiati jangan lupa pake masker #merapi," cuit @Donyfir_ pada Selasa pukul 9.22 WIB.

Sejumlah warganet kemudian menanyakan tepatnya lokasi pengambilan video itu. Menurut jawaban @Donyfir_, ia merekamnya di selatan Kopassus Kartasura, yang diketahui beralamat di Jalan Raya Solo - Yogyakarta, Dusun III, Desa Pucangan, Kartasura.

Menurut keterangan @Jateng_Twit, beberapa wilayah yang terdampak hujan abu erupsi Merapi antara lain Kecamatan Musuk, Tamansari, dan Cepogo, Kabupaten Boyolali; Kecamatan Tulung, Jatinom, Delanggu, Wonosari, Ngawen, dan Polanharjo, Kabupaten Klaten; serta Kecamatan Kartasura, Gatak, Baki, Grogol, dan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Sementara itu, di Kota Surakarta atau Solo hujan abu terjadi di hampir sebagian wilayahnya dengan durasi 30 menit.

Diberitakan sebelumnya, Salah satu warga Perum Parama Santosa, Pucangan, Kecamatan Kartasura, Eka Hari Wibawa (Bowo), mengaku merasakan adanya hujan abu. Abu vulkanik terlihat tipis turun dari langit-langit sekitar pukul 07.30 WIB.

Hujan abu di Kartasura, Sukoharjo, pascaerupsi Merapi, Selasa (3/3/2020). - (Twitter/@Donyfir_)
Hujan abu di Kartasura, Sukoharjo, pascaerupsi Merapi, Selasa (3/3/2020). - (Twitter/@Donyfir_)

"Abunya terlihat tipis. Tadi pagi sudah memenuhi kaca mobil. Kebetulan [mobil] ada di luar," kata Bowo pada solopos.com -- jaringan SuaraJogja.id.

Sementara itu, dilansir ANTARA, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman menyebutkan, erupsi Merapi Selasa pagi ini tidak menimbulkan hujan abu di wilayah Sleman.

Kendati demikian, BPBD Sleman sudah melakukan droping 1.000 pcs masker untuk kesiapsiagaan warga Dusun Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, dan Srunen, Di Desa Glagaharjo, Cangkringan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS