Puluhan Pohon Tumbang hingga Rumah Rusak di Sleman Akibat Hujan Angin

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Puluhan Pohon Tumbang hingga Rumah Rusak di Sleman Akibat Hujan Angin
[Ilustrasi] Pohon tumbang di Gamping, Sleman, DIY, Minggu (8/12/2019) - (Twitter/@TRCBPBDDIY)

Untuk rumah yang rusak, BPBD Sleman memberikan bantuan kedaruratan.

SuaraJogja.id - Sejumlah wilayah di Kabupaten Sleman terdampak hujan deras disertai angin kencang pada Senin (9/3/2020) malam. Cuaca buruk pada sekitar pukul 19.00 WIB hingga 23.00 WIB itu mengakibatkan puluhan pohon tumbang dan beberapa rumah warga rusak tertimpa pohon.

"Hujan angin tadi malam hampir terjadi di seluruh wilayah Sleman barat, tengah, maupun timur yang mengakibatkan puluhan pohon tumbang," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Selasa (10/3/2020).

Dia mengatakan, pohon tumbang tersebut mengakibatkan beberapa rumah rusak, dan beberapa akses jalan tertutup akibat batang pohon melintang di ruas jalan.

"Selain itu juga mengakibatkan beberapa jaringan listrik maupun telepon terputus," tutur Makwan.

Menurut keterangannya, beberapa pohon tumbang tersebut saat ini sudah terkondisikan. Beberapa akses jalan juga sudah dapat dibuka kembali.

"Sedangkan yang belum terkondisi hari ini akan dilakukan pembersihan oleh potensi relawan lokal bersama BPBD Sleman," tambah Makwan.

Untuk rumah yang rusak, katanya, BPBD Sleman memberikan bantuan kedaruratan.

"Untuk yang atap rumah rusak, kami beri bantuan tenda untuk menutup sementara, serta bantuan kerja bakti untuk membersihkan puing," imbuhnya.

Dilaporkan ANTARA, lokasi kejadian pohon tumbang tersebut meliputi Kecamatan Depok, di Desa Caturtunggal, yakni di Kampung Karangmalang RT03/RW04 (Timur Gor Lembah UGM), di mana pohon tumbang menimpa rumah/warung dan jaringan telepon.

Di Desa Condongcatur, Jalan Gambuh RT09/RW64, selatan Lapangan Ganjuran, pohon tumbang melintang menutup akses jalan dan meimpa jaringan listrik.

Di Kecamatan Prambanan di Desa Gayamharjo, Dusun Kalinongko Kidul, pohon tumbang menimpa jaringan listrik. Di Tirto, Gayamharjo, pohon jati tumbang melintang di jalan, kemudian di Magersari, Gayamharjo, pohon tumbang menimpa jaringan listrik dan menutup akses jalan serta tiang listrik roboh.

Di Dusun Magersari dan Gambirsawit, Gayamharjo enam pohon tumbang melintang di jalan dan menimpa jaringan listrik. Kabel putus di Dusun Lemahbang, Gayamharjo serta pohon jati menimpa rumah Rubiyem.

Di Desa Bokoharjo, Prambanan di Dusun Bendan R 05/RW24, pohon tumbang menimpa jaringan listrik, dan tiang listrik roboh. Di Dusun Cepit, Bokoharjo, pohon jati tumbang memutus jaringan listrik, lalu di Dusun Pleret RT5/RW10 Bokoharjo, pohon randu tumbang ke arah utara dan menimpa kandang kambing serta pagar halaman warga atas nama Sugeng.

Sementara, lokasi pohon tumbang di Kecamatan Berbah meliputi Desa Jogotirto, di mana pohon talok menutup akses jalan alternatif Jalan Berbah-Piyungan Karangan Jogotirto pohon jati menimpa jaringan listrik, pohon munggur tumbang menutup akses jalan Kranggan 1 Jogotirto, dan di Desa Tegaltirto, Berbah, pohon jati tumbang menutup akses jalan Desa Semoya Tegaltirto, Berbah, Sleman.

"Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di beberapa titik di Kecamatan Moyudan, Desa Sumberarum, dan Desa Sumberrahayu, juga di Kecamatan Gamping dan Kecamatan Godean," tambah Makwan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS