Dampak Corona, UGM Bagi Pulsa Gratis ke Dosen dan Mahasiswa

M Nurhadi
Dampak Corona, UGM Bagi Pulsa Gratis ke Dosen dan Mahasiswa
Ilustrasi Universitas Gadjah Mada. (Dok : UGM)

Pulsa/paket data yang diberikan kepada dosen sebesar Rp100.000 sampai dengan Rp200.000, dan mahasiswa Rp50.000 hingga Rp150.000.

SuaraJogja.id - Mewabahnya virus corona di berbagai daerah di Indonesia membuat sebagian kampus menerapkan kerja dan perkuliahan dari rumah (WFH/SFH). Salah satu kampus yang menerapkan hal tersebut adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Guna mendukung  sesuai Surat Edaran Rektor No. 1606/UN1.P/HKL/TR/2020 pada 16 Maret 2020 UGM memberikan bantuan biaya komunikasi berupa pulsa/paket data kepada dosen dan tendik yang besarannya berkisar antara Rp100.000 sampai dengan Rp200.000 setiap bulan.

Sedangkan dukungan untuk mahasiswa, bantuan pulsa/data internet dapat diberikan dengan besaran minimal Rp50.000 dan maksimal Rp150.000 per mahasiswa per bulan.

“Bantuan biaya komunikasi kepada sivitas akademik UGM ini sebagai bentuk dukungan selama WfH/SfH,” papar Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Informasi, Supriyadi dalam keterangannya, Selasa (7/4/2020).

Selain memberikan bantuan biaya komunikasi, UGM juga menjalin kerja sama dengan beberapa operator di tanah air.. Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI), Widyawan, menjelaskan operator yang menjalin kerjasama dengan UGM yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL.

Telkomsel memberikan paket Ilmupedia sebesar 30 GB yang berlaku selama 30 hari sejak diaktifkan untuk mengakses situs-situs pembelajaran daring yang disediakan Universitas Gadjah Mada, yaitu eLisa dan eLok.

Serupa dengan Telkomsel, Indosat Ooredoo juga memberikan paket data Belajar di Rumah sebesar 30 GB yang berlaku selama 30 hari sejak diaktifkan secara gratis.

Paket data dari Indosat Ooredoo tersebut dapat digunakan untuk mengakses situs-situs pembelajaran yang disediakan UGM. 

Layanan internet dari Telkomsel dan Indosat Ooredoo untuk mendukung WfH/SfH ini tersedia sampai dengan 30 April 2020. Selanjutnya, Telkomsel dan Indosat Ooredoo akan menyediakan paket data dengan harga diskon pada bulan Mei 2020.

Selain itu, XL memberikan kuota sebesar 2 GB per hari yang berlaku selama satu minggu sejak diaktifkan yang dapat digunakan untuk mengakses fasilitas video conferencing Cisco Webex dan Microsoft 365 UGM untuk melakukan kolaborasi maupun pembelajaran secara daring. Paket data dari XL dengan kuota 2 GB per hari ini disediakan sampai tanggal 14 April 2020.

Widyawan menjelaskan, selain bekerja sama dengan sederet operator seluler, UGM juga menyediakan fasilitas VPN (Virtual Private Network) kepada semua sivitas akademik untuk dapat mengakses sumber daya yang terletak di dalam jaringan kampus.

Fasilitas ini guna memudahkan dalam mengakses dokumen-dokumen elektronik ataupun aplikasi yang hanya dapat dibuka di dalam jaringan Universitas Gadjah Mada tanpa harus berada di Universitas Gadjah Mada.

“Untuk dapat menggunakan fasilitas VPN yang disediakan melalui Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi, sivitas akademik dapat mengikut panduan yang sudah tersedia,” papar Widyawan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS