Fajar Gegana Terpilih Jadi Wakil Bupati Kulon Progo

M Nurhadi | Hiskia Andika Weadcaksana
Fajar Gegana Terpilih Jadi Wakil Bupati Kulon Progo
Fajar Gegana menemui awak media seusai pengambilan suara, Kamis (9/4/2020). [Suarajogja.id / Hiskia Andika]

Fajar Gegana mengalahkan pesaingnya, Agus Langgeng Basuki.

SuaraJogja.id - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kulon Progo, Pemilihan Wakil Bupati Kulon Progo Sisa Masa Jabatan 2017-2022 digelar di gedung dewan Kamis (9/4/2020). Dalam rapat ini Fajar Gegana terpilih menjadi wakil Bupati Kulon Progo setelah mengalahkan Agus Langgeng Basuki.

Sebanyak 40 anggota DPRD Kulonprogo dari 6 fraksi hadir untuk memilih antara Agus Langgeng Basuki atau Fajar Gegana sebagai Wakil Bupati Kulonprogo sisa masa jabatan 2017-2022.

Pemilihan ini dimulai sekitar pukul 10.30 WIB dari undangan semula pukul 09.00 WIB. Pemilihan dilakukan di ruang rapur DPRD Kulonprogo.

Teknis pemilihan ini serupa dalam penyelenggaraan pemilu. Panitia menyediakan bilik serta surat suara berisi potret diri dan nama calon. Tidak lupa panitia melakukan pengecekan ulang terhadap seluruh atribut pemilihan yang disaksikan langsung oleh anggota dewan dan tamu undangan yang hadir.

Setelah masing-masing anggota dewan mencoblos salah satu calon. Surat suara tercoblos itu lalu dimasukkan ke dalam amplop dan kotak suara. Anggota dewan yang sudah mencoblos ditandai dengan mencelupkan satu jari ke tinta sebagai bukti.

Pemungutan suara ini menghabiskan waktu 30 menit, selanjutnya langsung diadakan penghitungan suara. Berdasarkan perhitungan suara, Fajar Gegana unggul dengan perolehan 28 suara sedangkan Agus Langgeng Basuki hanya memperoleh 12 suara.

"Syukur alhamdulliah, DPRD Kulon Progo telah berhasil melaksanakan tugas pemilihan wakil Bupati. Tahapan sudah kita lalui, hari ini sudah kita peroleh hasilnya juga," kata Ketua Panitia Pemilihan Wabup Kulonprogo sisa masa jabatan 2017-2022, Istana, ditemui usai pemilihan.

Ia mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung berjalannya proses ini dengan lancar. Terutama kepada anggota DPRD Kulon Progo yang seluruhnya hadir dalam rapur kali ini.

"Sebagaimana yang bisa kita lihat temen-temen begitu luar biasa, rapur kali ini kuorum dan ini patut mendapatkan apresiasi  dari kita sekalian sebagai bentuk kesadaran bahwa kekosongan kursi wakil bupati ini menjadi hal yang penting untuk segera diisi mengingat Kulon Progo ke depan banyak yang harus dikerjakan," imbuhnya.

Diharapkan, dengan terpilihnya wabup ini dapat membantu program-program pemerintahan yang sebelumnya sudah berjalan. Khususnya penanganan dampak COVID-19 di Kulon Progo.

Harapan serupa disampaikan Bupati Kulonprogo, Sutedjo. Kehadiran wabup baru diharapkan bisa membantu tugasnya dalam menuntaskan pelbagai persoalan daerah ini.

"Siapapun yang dipercaya oleh DPRD, yang dinyatakan terpilih tentunya diharap bisa bekerja sama dengan saya untuk memajukan Kulon Progo ini," harapnya.

Sementara itu wabup terpilih, Fajar Gegana mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya hingga terpilih menjadi wabup. Dia menyatakan kesiapannya untuk langsung bertugas dan membantu Bupati untuk menjalankan program yang telah ada.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan memilih saya, dengan amanah ini semoga saja ini bisa membantu Kulon Progo bersama bapak Bupati, untuk menyelesaikan masalah-masalah di Kulon Progo, Terutama soal penanganan wabah corona," tegasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS