alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tanda Merah di Pinggir Jakal Buat Resah, Warga Khawatir Sandi Maling

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Senin, 04 Mei 2020 | 09:55 WIB

Tanda Merah di Pinggir Jakal Buat Resah, Warga Khawatir Sandi Maling
Tanda bercak merah di Jakal, Sleman dicurigai warga sebagai sandi maling - (Twitter/@ReynardAde)

Terdapat dua tiang listrik berbeda dengan tanda serupa di tiga foto yang ia unggah.

SuaraJogja.id - Sejumlah tanda bercak merah yang ditemukan pada tiang listrik di Jalan Kaliurang (Jakal) kawasan Pedukuhan Turen, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman membuat resah warga. Tanda berupa dua titik merah itu dikhawatirkan buatan orang yang hendak mengincar lokasi sebagai sasaran tindak kejahatan, terlebih saat ini kondisi ekonomi sedang merosot terdampak pandemi corona.

Foto tiang listrik bertanda merah itu diunggah ke Twitter pada Jumat (1/5/2020) oleh akun @ReynardAde. Terdapat dua tiang listrik berbeda dengan tanda serupa di tiga foto yang ia unggah. Tanda dua titik merah berjajar itu sama-sama berada di posisi bawah tiang.

"Nderek tanglet, niki tondo nopo njih [numpang tanya, ini tanda apa ya], apakah ada pihak yang bisa menjelaskan? Ditemukan di daerah Turen Jakal 12.5. Padahal wingi-wingi ora ono [kemarin-kemarin enggak ada]. Sekadar antisipasi mawon [saja]. Matur nuwun [terima kasih]," cuit @ReynardAde.

Tanda bercak merah di Jakal, Sleman dicurigai warga sebagai sandi maling - (Twitter/@ReynardAde)
Tanda bercak merah di Jakal, Sleman dicurigai warga sebagai sandi maling - (Twitter/@ReynardAde)

Setelah dibagikan ulang oleh akun @merapi_news, cuitan tersebut mendapat banyak respons. Berbagai spekulasi dibagikan warganet.

Baca Juga: Beredar Foto Bima Arya Bareng Pria yang Marahi Petugas PSBB, Teman SMA?

Tak sedikit dari mereka yang khawatir jika tanda itu merupakan sandi maling. Warganet lainnya juga membagikan tangkapan layar arti setiap kode maling yang sempat beredar di media sosial. Namun diketahui, petunjuk tanda dan artinya itu telah dikonfirmasi sebagai hoaks oleh Kominfo beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, terdapat pula warganet yang membagikan tautan berita Suara.com berjudul "Perampokan di Klaten, Rumah Sasaran Sudah Ditandai Lambang Misterius," yang memberitakan adanya tanda anak panah hitam dan tiga tanda silang di rumah korban maling di Klaten pada Jumat. Di sisi lain, ada warganet yang menilai bahwa tanda itu hanyalah buatan teknisi untuk menandai posisi tiang jaringan.

"Telkom kui lur, jalur kabel FO," komentar @Yusufrahardian2.

"Nek ameh dihapus engko nek [kalau mau dihapus nanti jangan-jangan] tanda penting, tapi nek ra dihapus ngko [kalau enggak dihapus nanti] malah tandane maling, serba bingung," kicau @AdeNurrohman14.

"Setiap sindikat punya tandanya masing-masing min, jadi tiati. Dan banyak yang bergerak dalam bentuk kelompok. Ada yang ngawasi, ada yang merencanakan, ada yang eksekusi. Terutama kondisi perekonomian lagi turun kayak gini.. semoga Jogja aman," ungkap @BagusDrean.

Baca Juga: Inul Daratista Dapat Honor Termahal Saat Manggung di Freeport Papua

Belum ada keterangan dari pihak kepolisian soal keresahan warga akan tanda bercak merah yang diduga sandi maling itu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait