Lukisannya Dituding Editan, Dosen Lulusan ISI Jogja Beri Jawaban Menohok

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Lukisannya Dituding Editan, Dosen Lulusan ISI Jogja Beri Jawaban Menohok
Lukisan viral Guruh Ramdani - (Twitter/@RamdaniGuruh)

Guruh memberikan jawaban sesuai dengan pertanyaan, yang menyinggung soal "program".

SuaraJogja.id - Sebuah lukisan karya seorang dosen Institut Pertanian Bogor (IPB), Guruh Ramdani, berhasil membuat terkecoh warganet. Salah satunya sampai-sampai menuding bahwa Guruh mengedit sebuah hasil jepretan menjadi tampak seperti lukisan.

Dosen komunikasi itu mengunggah karyanya ke Twitter pada Sabtu (9/5/2020) lalu. Lukisannya menggambarkan suasana trotoar sempit yang penuh pejalan kaki. Dibatasai oleh tembok dan tanaman, di sisi lain terdapat antrean panjang kendaraan di jalanan yang padat.

"Lukisan dengan lokasi di depan "Stasiun Bogor". Berjudul: Berbagi Ruang, menggunakan cat air di atas kertas ukuran 79 X 109 cm. Dibuat pada tanggal 4 Februari 2017..." cuit @RamdaniGuruh.

Banyak orang menyukai coretan tangan Guruh, hingga kicauannya disukai lebih dari 4.500 akun. Di antara ratusan komentar, ada satu akun yang langsung melemparkan pertanyaan sekaligus secara tersirat menuding bahwa lukisan Guruh itu tidak asli.

"Ini ngubah foto jadi lukisan pakai program apa?" tanya akun tersebut.

Tanpa perlu menjelaskan bahwa tudingan warganet itu salah, Guruh kemudian menjawab pertanyaan itu dengan kalimat yang cukup menohok. Ia memberikan jawaban sesuai dengan pertanyaan, yang menyinggung soal "program".

"Program Studi S1 Seni Rupa Murni, Minat Utama Seni Lukis, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia, Jogjakarta," cuitnya, merujuk pada jurusannya semasa kuliah sarjana di Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja.

Lukisan viral Guruh Ramdani - (Twitter/@aMrazing)
Lukisan viral Guruh Ramdani - (Twitter/@aMrazing)

Jawaban lugas Guruh ini kemudian viral di Twitter. Salah satu tangkapan layarnya diunggah travel blogger @aMrazing.

"Budayakan membaca sebelum menuduh," kicaunya, singkat.

Ribuan warganet pun me-retweet dan menyukai percakapan singkat Guruh itu. Mereka juga memuji hasil karya Guruh yang mendekati penampakan realistis itu.

"Lah, dosen gue nih... Keren banget asli dia bisa gambar kayak foto, realisnya keren," ungkap @Pochemuchka____.

"Gils netijen enggak ada tukads-tukadsnya. Belum aja kalo disarkasin bener-bener depan muka," tambah @drluciia.

"Bahkan sampai ke kipas plastik gambar mikimosnya bisa detail banget," komentar @matchacaron.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS