Warganet Ini Unggah Foto Bisa Jalan-jalan di Kawah Gunung Merapi

M Nurhadi
Warganet Ini Unggah Foto Bisa Jalan-jalan di Kawah Gunung Merapi
(Twitter/@arbainrambey)

"Ternyata banyak yang gak percaya kalau kawah Gunung Merapi (DIY) itu bisa dibuat jalan2 pada tahun 1978. Tuh saya di panah merah," ujar pengunggah.

SuaraJogja.id - Indonesia merupakan salah satu negara dengan gunung api aktif paling banyak di dunia. Berdasarkan data dari LIPI, setidaknya ada 127 gunung berapi aktif di negeri ini.

Salah satu gunung paling aktif yang ada di Indonesia adalah gunung Merapi. Gunung yang terletak di perbatasan DI Yogyakarta dengan Jawa Tengah ini memang menjadi salah satu gunung yang selalu diawasi oleh BMKG karena aktivitasnya.

Gunung merapi memang dikenal sebagai gunung api yang aktif, namun ternyata tidak semua orang tahu kalau beberapa tahun lalu ada awah merapi yang bisa untuk jalan-jalan.

Seperti yang belum lama ini yang disampaikan oleh akun Twitter @arbainrambey, dalam cuitannya ia membagikan sebuah unggahan foto yang menunjukkan pemandangan sekelompok orang yang menurutnya berada di kawah Gunung Merapi.

"Ternyata banyak yang gak percaya kalau kawah Gunung Merapi (DIY) itu bisa dibuat jalan2 pada tahun 1978. Tuh saya di panah merah," ujarnya dalam unggahan tersebut.

Unggahan yang telah di retweet dan disukai oleh ratusan netizen Twitter ini mendapatkan respon yang beragam dari warganet. Salah satunya akun @supaya_supaya yang membenarkan unggahan dari @arbainrambey tersebut.

"Iya om. Dulu di sebelah kiri (dr Selo) ada kawah mati itu.. Kalau kawah aktifnya mah bisa pingsan om, ngehirup asap belerang," ujarnya.

Sementara, netizen lain @imfarozi mengisahkan pada tahun tersebut puncak garuda masih sangat luas. Diketahui, puncak garuda merupakan salah satu spot favorit bagi para pendaki. Konon, puncak garuda menghilang pasca letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 silam.

"Wah bener ini, jaman puncak garuda masih segede lapangan futsal. Di kawah yang digambar ini sering pada nulis jejek. Sekarang sepertinya udah hilang ya," ujar akun @imfarozi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS