Viral Foto Lebaran Nakes RSLKC, GKR Hayu: Jangan Indonesia Terserah

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Viral Foto Lebaran Nakes RSLKC, GKR Hayu: Jangan Indonesia Terserah
(Instagram/humasjogja)

Seluruh nakes tampak mengenakan APD lengkap di RSLKC pada hari Lebaran 2020.

SuaraJogja.id - Tagar Indonesia Terserah belakangan kerap berseliweran di media sosial, menanggapi tak acuhnya masyarakat Indonesia akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi corona.

Di sisi lain, Penghageng Tepas Tandha Yekti Keraton Jogja Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu tetap meminta masyarakat untuk tak menyerah melawan corona, terlebih setelah menyaksikan foto-foto Lebaran tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC) Bambanglipuro, Bantul.

Deretan foto dan video dari akun Instagram @rumahsakitlapangan itu diunggah ulang oleh akun @humasjogja milik Pemda DIY, Senin (25/5/2020). Seluruh nakes tampak mengenakan APD lengkap di RSLKC pada hari Lebaran 2020.

Sebagian besar dari mereka menunjukkan pose menangkupkan tangan di depan dada. Tertulis juga nama masing-masing bidan, perawat, dan dokter di apron yang mereka kenakan. Tak hanya itu, mereka mengucapkan pula selamat Idulfitri melalui tulisan di apronnya.

Dengan mengunggah foto-foto Lebaran ala nakes di tengah pandemi corona ini, Pemda DIY mengingatkan warganet untuk turut bekerja sama dengan tidak membuat kerumunan hingga jaga jarak [physical distancing] dari orang lain. Sebab, di balik kejenuhan masyarakat yang harus beraktivitas di dalam rumah, ada para nakes yang tetap bekerja di hari raya.

"Mungkin kita sudah jengah di rumah, tapi ingatlah perjuangan mereka yang tak kenal lelah.
Masih dalam suasana fitrah, tak ada salahnya kita doakan mereka agar mendapat berkah.
Semoga jasa dan dedikasinya, senantiasa menjadi amal ibadah.

Bantu mereka dengan tetap berada di rumah. Yang terpenting bagi kita sekarang adalah saling nyengkuyung. Mari permudah urusan dan pekerjaan orang lain, niscaya urusan kita akan dipermudah.

GKR Hayu ingatkan masyarakat untuk terapkan physical distancing - (Instagram/@gkrhayu)
GKR Hayu ingatkan masyarakat untuk terapkan physical distancing - (Instagram/@gkrhayu)

Tetap terapkan PHBS dan jangan lupa gunakan masker jika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah.

Kami ucapkan mohon maaf lahir dan batin bagi seluruh tenaga medis di mana pun berada yang saat ini tengah berjuang menangani pasien COVID-19. Selamat Idulfitri bagi yang merayakan," tulis @humasjogja.

Senada, GKR Hayu mengungkapkan pentingnya untuk tetap saling mengingatkan sesama warga Indonesia supaya pandemi segera berakhir dan para nakes pun tak lagi terkurung dalam balutan APD. Putri keempat Raja Keraton Jogja Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan Permaisuri GKR Hemas ini menyampaikan hal tersebut melalui story di Instagram.

Bersama dengan unggahan @humasjogja, @gkrhayu menambahkan, "Jangan #terserahIndonesia jangan berhenti mengingatkan orang untuk physical disatncing dan #dirumahaja supaya para nakes ini bisa segera bernapas lega."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS