Geger Isu Tsunami Usai Gempa Jogja, Netizen: Bapakku Lari Sampai Cilacap

Galih Priatmojo
Geger Isu Tsunami Usai Gempa Jogja, Netizen: Bapakku Lari Sampai Cilacap
Ilustrasi tsunami (Shutterstock)

Gempa Jogja 2006 silam itu telah merenggut lebih dari 3 ribu nyawa dan ribuan bangunan rusak berat.

SuaraJogja.id - Hari ini tepatnya 14 tahun lalu, Jogja diguncang gempa dahsyat berkekuatan magnitudo 5,9. Gempa yang mengguncang sekitar 57 detik tersebut menimbulkan kepanikan menyusul adanya isu Tsunami yang terjadi serupa di Aceh.

Dokumentasi kenangan tentang kepanikan warga Jogja saat mendengar isu tsunami usai gempa tersebut pun tersebar di sosial media. Salah satunya seperti yang diunggah akun @yogyakarta.

Dari video singkat yang dibagikan tersebut tampak warga di sekitar Tamansari Yogyakarta berlarian usai mendengar adanya isu tsunami yang melanda Jogja. Sementara puluhan kendaraan bermotor tampak melaju kencang ke arah yang bersamaan.

Di video tersebut juga terlihat beberapa warga lainnya meminta para tetangganya untuk segera meninggalkan lokasi menuju ke tempat aman.

Sejumlah netizen pun memberikan komentarnya mengenang peristiwa yang membuat Jogja kacau balau tersebut.

"kelingan banget min pas kui bapakku langsung manasi truk. Njuk nggowo sak ndeso budal numpak truk tekan cilacap. Rekane meh ngungsi mergo ono isu tsunami. Tapi gur isu tok akhire bali neng omah meneh (Teringat waktu itu min bapakku membawa orang sekampung naik truk ngungsi ke cilacap. Niatnya menghindari isu tsunamin tapi ternyata cuma isu akhirnya pulang lagi ke rumah - red)" ujar @sa_putri1211.

"Waktu itu aku jalan di perempatan min. Sama ibuku terus ibuku pada gandengan sama simbah aku mau ikut ngga bisa e malah terguling di jalan aspal," ungkap@rositadewi9540.

"Pas umurku 6 tahun sedang buang air besar di WC wkwkwk terus diteriaki mbah uti untuk keluar. Orang sekampung langsung naik mobil pickup ngungsi. TV sama radio dikumpulkan ke lapangan," kenang @farraz.id.

"Baru kelas 5 SD slur. Mau mandi malah gempa langsung ada isu tsunami bikin semuanya waktu itu panik setengah mati," kata @fuat_182.

"Yang dari selatan lari ke utara nyari ketinggian yang dari utara deket merapi bingung takut dikira merapi meleuts saya yang di tengah tengah diem aja pasrah yang jelas 1 kata bingung," tulis @agusjuli39.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS