Ramai Suit SpaceX, Netizen: Duta Sheila on 7 Juga Pernah Punya Suit Keren

M Nurhadi
Ramai Suit SpaceX, Netizen: Duta Sheila on 7 Juga Pernah Punya Suit Keren
Duta Sheila on 7 dalam klip itu Aku (Youtube/Sony Music Entertainment Indonesia)

SpaceX Crew Dragon Flight Suit mengingatkan kembali Suit astronot yang digunakan Sheila on 7 pada tahun 2004 lalu.

SuaraJogja.id - Untuk menjelajahi ruang angkasa, tidak bisa menggunakan sembarang pakaian. Diperlukan pakaian khusus untuk dapat bertahan selama berada di ruang angkasa. Tidak hanya ukuran, berat pakaian juga menjadi salah satu yang diperhatikan oleh astronot agar tidak menjadi sumber error sewaktu melaksanakan tugas mereka.

Belum lama ini, SpaceX mempersiapkan baju ruang angkasa yang konon termutakhir yang sdidesian secara khusus untuk dua Astronot yang diberangkatkan, Douglas G. Hurley dan Robert L. Behnken. Baju ruang angkasa milik SpaceX tersebut dinamai SpaceX Crew Dragon Flight Suit.

Beberapa hari sebelumnya, Falcon 9 sudah berhasil diluncurkan. Namun, sebelumnya SpaceX juga sudah menerbangkan boneka ke Mars dengan setelan tersebut.

Jadi, suit yang digunakan para astronot bukan sekedar uji coba atau trial and error. Melainkan, SpaceX Crew Dragon Flight Suit telah diujicoba secara khusus sebelumnya dan telah melewati pengembangan selama bertahun-tahun.

Belum lama ini, di media sosial twitter ramai diperbincangkan netizen perihal desainer SpaceX Crew Dragon Flight Suit tersebut. Desainernya tidak lain adalah Jose Fernandez, orang yang juga mendesain kostum pahlawan super di berbagai film layar lebar.

"Baru tau spacesuit keren punya SpaceX yang dipakai buat launch kemarin ternyata yang ngedesain adalah Jose Fernandez, kostum desainer Batman v Superman, Thor Ragnarok, & X-Men. Pantes kerasa artistik banget!" ujar akun twitter @HabisNontonFilm.

Cuitan ini-pun mendapatkan respon yang beragam dari warganet, seperti akun @_paristiawang yang menyebut desain SpaceX Crew Dragon Flight Suit mirip dengan kostum di film Star Trek.

"Rada mirip sama kostum star trek beda warna sama beberapa detailing," ujarnya.

Tidak hanya itu, akun lain juga menunjukkan fakta yang tidak kalah menarik. Ia membandingkan dengan kostum astronot milik Indonesia yang diperkirakan sudah digunakan pada tahun 2004 lalu.

"Indonesia juga pernah melalui perjuangan Duta dan kawan-kawan. Sampai saat ini belum tahu yg merancang space suit-nya," ujar akun @riizkyaji.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS