facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Redam Kejahatan Jalanan Malam Hari, Polsek Umbulharjo Bentuk Tim Regul

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Rabu, 10 Juni 2020 | 22:10 WIB

Redam Kejahatan Jalanan Malam Hari, Polsek Umbulharjo Bentuk Tim Regul
Kapolsek Umbulharjo, Kompol Achmad Setyo Budiantoro saat ditemui wartawan di Mapolsek Umbulharjo, Rabu (10/6/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Kemunculan tim ini sebagai respon untuk memberikan rasa aman pada masyarakat di malam hari.

SuaraJogja.id - Kejahatan jalanan yang kerap dijumpai di jalan raya masih menjadi persoalan yang belum sepenuhnya hilang di Kota Yogyakarta. Menanggapi hal itu, Kepolisian Sektor Umbulharjo membentuk tim khusus untuk menangani kejahatan jalanan.

Kapolsek Umbulharjo, Kompol Achmad Setyo Budiantoro mengatakan, tim khusus yang berjumlah 40 orang tersebut dia beri nama Regul (Redam Kejahatan Gulung Pelaku Kejahatan).

"Tim kami bergerak dan disebar di seluruh wilayah hukum polsek Umbulharjo sehingga apabila terjadi gangguan kamtibmas tim kami bisa cepat datang ke tempat kejadian perkara (TKP), dan kami bakal melakukan tindakan tegas, humanis serta sesuai prosedur," ungkap Kapolsek dihubungi wartawan, Rabu (10/6/2020).

Setyo melanjutkan, tugas Regul melakukan patroli pada pukul 23.00-06.00 wib. Mereka akan menyisir wilayah yang dianggap rawan kajahatan. Keberadaan tim Regul diharapkan bisa menekan tindak kejahatan jalanan agar masyarakat merasa aman dan nyaman. 

Baca Juga: Keras, Pemuda di Jogja Di-PHK Keluarga Sendiri Sampai Diumumkan di Koran

Tim Regul, juga akan memeriksa kendaraan yang mencurigakan serta benda-benda yang berpotensi untuk menimbulkan aksi kejahatan. Diantaranya, senjata tajam, minuman keras, narkoba, dan benda berbahaya lainnya. 

"Apabila didapati barang tersebut kami akan langsung menangkap oknum pelaku dan akan kami bawa ke kantor untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," terang dia.

Lebih lanjut, Regul juga tidak serta merta selalu bertindak tegas. Namun, tim REGUL ini juga berpatroli secara humanis di pemukiman warga dan berhenti sejenak di pos ronda untuk mengimbau warga yang sedang melaksanakan ronda agar selalu tanggap terhadap lingkungan sekitar.

"Tim ini tetap menjalankan patroli terutama pada saat malam Minggu dan kami juga perlu adanya kerjasama dengan masyarakat apabila ada gangguan kamtibmas. Masyarakat bisa melaporkan kepada pihak kepolisian jika ada tindakan yang mengancam ketertiban umum," ungkap Setyo.

Saat ini, tim Regul telah beroperasi dan menyasar ke sejumlah lokasi rawan di Umbulharjo. Giat operasi tim Regul kurang lebih telah berjalan selama satu pekan.

Baca Juga: 5 Hits Jogja Penjual Gorengan Cantik Ini Bikin Salfok Pesepeda Diusir Istri

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait