Biar Laku Keras, Aksi Penjual Cuanki Ludahi Dagangan Atas Perintah Gurunya

Agung Sandy Lesmana | Bagaskara Isdiansyah
Biar Laku Keras, Aksi Penjual Cuanki Ludahi Dagangan Atas Perintah Gurunya
Tukang Bakso yang Ludahi Mangkok Pembeli Diciduk. Tangkapan layar (instagram.com/jurnalis169)

"Amalan tersebut dilaksanakan pada saat pertama kali jualan setelah kembali dari kampung..."

SuaraJogja.id - Polisi mengungkap motif di balik aksi WS (21), pegadang bakso cuanki meludah di wadah pesanan pelangganya.

Setelah ditangkap karena video yang beredar, dalih WS meludahi mangkuk bakso yang sudah dipesan pembeli karena untuk mengamalkan apa yang diperintah gurunya.

Kapolsek Kembangan Komisaris Imam Setiawan mengatakan, tindakan tidak terpuji tersebut sebagai amalan supaya bakso cuankinya laku keras.

"Amalan tersebut dilaksanakan pada saat pertama kali jualan setelah kembali dari kampung. Adapun tujuan pelaku untuk mendapatkan pelaris atau laku saat berjualan bakso," kata Imam saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (26/6/2020).

Imam membeberkan kronologi saat WS ludahi mangkuk dagangannya. Imam menjelaskan, peristiwa itu terjadi di kompleks Perumahan Uniliver, Kelurahan Meruya Selatan Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Senin (22/6/2020) sekitar pukul 17.52 WIB.

Imam menjelaskan, kala itu seorang warga bernama Nur Hikmah (28) memesan dua mangkuk bakso cuanki kepada WS. Sambil menunggu pesanan yang sedang dibuatkan WS, Nur Hikmah dari dalam rumahnya memantau CCTV.

"Pada saat melihat monitor CCTV Nur Hikmah melihat gerakan WS mencurigakan, karena tidak segera membuat pesanan dan seperti menengok-nengok ke arah kanan kiri jalan," papar Imam.

Akhirnya melalui CCTV, Nur Hikmah melihat mangkuk bakso pesanannya tersebut telah diludahi WS.

"Takut tukang bakso tak terima ditegur, korban diam dan menerima saja pesanan itu," kata dia.

Bakso yang mangkuknya telah diludahi tersebut tak dimakan dan dibuang ke toilet dalam rumah Nur Hikmah.

Nur Hikmah yang merasa menjadi korban kemudian merekam kejadian janggal tersebut dan menyebarkannya ke grup jejaring Whatsapp.

WS kekinian masih diamankan di Polsek Kembangan. Dalam kasus ini polisi mengamankan barang bukti berupa rekaman CCTV, satu buah baju kaos lengan panjang warna abu-abu, satu celana jeans panjang warna hitam, dan satu buah topi warna biru putih.

Sebelumnya, media sosial dihebohkan oleh beredarnya video yang menampilkan ulah tidak terpuji dari seorang pedagang bakso cuanki keliling.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS