Lima Kasus Baru Positif Covid-19 di Bantul Akibat Transmisi Lokal

Galih Priatmojo | Mutiara Rizka Maulina
Lima Kasus Baru Positif Covid-19 di Bantul Akibat Transmisi Lokal
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Lima kasus baru positif Covid-19 di Bantul masih satu keluarga.

SuaraJogja.id - Sempat mereda tanpa kasus positif covid-19 baru, Kabupaten Bantul kembali mencatat enam kasus positif baru Selasa (30/6/2020).  

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso menyampaikan ada penambahan enam kasus positif baru. Lima diantaranya merupakan kasus transmisi lokal dari kasus nomor 70, wanita pelaku perjalanan dari Surabaya. 

"Nomor satu sampai lima riwayat transmisi lokal dari kasus nomor 70," kata pria yang akrab disapa Oki tersebut. 

Oki mengatakan, bahwa lima orang tersebut merupakan anggota keluarga dari wanita yang terpapar covid-19 setelah melakukan perjalanan ke wilayah Zona Merah. Diantaranya adalah, Pria berusia 37 tahun, anak laki-laki usia 1 tahun 3 bulan dan 5 tahun. Serta dua orang perempuan berusia 68 tahun dan 39 tahun. Semuanya merupakan warga Kecamatan Banguntapan. 

Sedangkan satu orang pasien positif lainnya merupakan warga Kecamatan Srandakan, Pria berusia 58 tahun dengan riwayat penularan yang masih dalam pelacakan. Data terbaru menunjukkan, masih ada 14 orang pasien positif covid-19 yang dirawat di beberapa rumah sakit rujukan. 

Dari 14 orang yang dinyatakan positif, 13 orang diantaranya berasal dari Kecamatan Banguntapan sementra satu lainnya dari Kecamatan Srandakan. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja mengatakan jumlah tersebut akan merubah warna zonasi sebelumnya. 

"Kita harus mewaspadai, ternyata masih ada transmisi lokal yang terjadi di Bantul," tukasnya. 

Agus juga mengatakan, bahwa operasional Rumah Sakit Darurat Sendiri akan diperpanjang hingga 31 Juli untuk antisipasi kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS