Kenali 5 Tanda Penyakit Ini dari Air Kencing yang Berbusa

Bimo Aria Fundrika
Kenali 5 Tanda Penyakit Ini dari Air Kencing yang Berbusa
Ilustrasi urine / air kencing [shutterstock]

Terlepas dari warnanya, jika melihat bahwa air kencing berbusa seperti bir, maka itu menjadi perhatian.

SuaraJogja.id - Bukan hanya dari warna, karakteristik dari urin atau air kencing seseorang juga bisa menandakan suatu kondisi kesehatan tertentu. Oleh karena itu, selain mengenali dari warnanya, penting juga untuk melihat dari apakah air kencing tersebut berbusa atau tidak. 

Beberapa orang kerap mengalami air kencing yang berbusa. Kondisi ini bisa jadi tanda suatu penyakit. Tapi, apa sebenarnya sebabnya? Dilansir dari Healthshots, berikut ini sebab air kencing berbusa seperti bir:

1. Ginjal Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik

Kenali 5 Tanda Penyakit Ini dari Air Kencing yang Berbusa - 1
Ilustrasi ginjal tidak berfungsi baik. (Shutterstock)

Ya, Anda bisa menyalahkan ginjal untuk kencing seperti bir. Ginjal menyaring darah kita dan limbahnya diubah menjadi urin.

Jika proses penyaringan ini tidak terjadi dengan benar, maka urin Anda bisa berbusa. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Clinical Journal of American Society of Nephrology, terlalu banyak busa di kencing Anda juga bisa menjadi indikasi penyakit ginjal.

2. Terlalu Banyak makan protein
Makan terlalu banyak protein membuat ginjal sulit untuk membersihkan darah, terutama ketika memiliki masalah ginjal yang sudah ada sebelumnya. Karena ginjal yang lemah, tubuh Anda mulai mengeluarkan protein dalam urin.

Situasi ini ketika memiliki terlalu banyak protein dalam kencing Anda disebut proteinuria. Terutama masalah ini terlihat pada perempuan hamil, penderita artritis, dan penyakit jantung.

3. Anda mungkin menderita diabetes

Ilustrasi diabetes. (Shutterstock)
Ilustrasi diabetes. (Shutterstock)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Chonnam Medical Journal, masalah proteinuria menjadi parah pada penderita diabetes karena kadar insulin yang berfluktuasi karena mempengaruhi aliran darah di ginjal.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa orang yang berurusan dengan diabetes juga memiliki fungsi ginjal yang buruk yang menyebabkan urin berbusa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS