Dapat Tugas Sembelih Sapi Jokowi, Budiono Sempat Kaget Lihat Ukurannya

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana
Dapat Tugas Sembelih Sapi Jokowi, Budiono Sempat Kaget Lihat Ukurannya
Sapi sumbangan Presiden Jokowi disembelih di Masjid Al-Iman Kisik-Paras, Banjarasari, Kalibawang, Kulon Progo, Sabtu (1/8/2020). [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Sapi sumbangan Jokowi dagingnya dibagikan untuk 600 KK di Desa Banjarasari, Kalibawang, Kulon Progo

SuaraJogja.id - Sapi kurban sumbangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diberikan untuk warga Pedukuhan Paras, Kalurahan Banjarasari, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo dan sekitarnya akhirnya disembelih pada, Sabtu (1/8/2020). Penyembelihan itu dilakukan di area sekitar Masjid Al-Iman Kisik-Paras, sekitar pukul 08.20 WIB.

Dari pantauan SuaraJogja.id, sejak pagi warga yang rumahnya tidak jauh dari lokasi penyembelihan sudah datang untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban berjenis Simental yang memiliki berat 930 kg itu secara langsung. Petugas dari Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates Yogyakarta juga datang untuk melakukan pemeriksaan Ante-Mortem dan Post-Mortem.

Takmir Masjid Al-Iman, Mardi Santoso, mengatakan penyembelihan hewan kurban sumbangan Presiden ini dilakukan oleh tim jagal yang sudah diundang secara khusus. Tim jagal yang berasal dari Pedukuhan Degan, Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo itu diundang khusus untuk menyembelih sapi sumbangan Presiden Jokowi

"Jagal lokal sebenarnya ada tapi karena ini juga sapi spesial dari sumbangan Presiden maka kita juga undang yang sudah berpengalaman. Orangnya juga terbatas hanya sekitar 5 personil saja," ujar Mardi.

Mardi menuturkan hasil penyembelihan itu dibagikan kepada 600 KK yang ada di satu desa tersebut. Selain itu warga dan masjid sekitar pun juga akan turut diberikan.

"Tidak hanya umat satu agama saja, warga Kristen, Katolik juga akan kebagian. Selain itu kalau memang masih tersisa para tamu undangan yang hadir juga bakal diberi," imbuhnya.

Dikatakan Mardi, setiap warga akan mendapat jatah daging sekitar 7 ons. Masih akan ditambah dengan tulang dan jeroan yang jika ditotal akan menjadi kurang lebih 1 kg.

Proses penyembelihan sapi sumbangan Presiden ini berlangsung lancar dan aman. Meskipun tidak dipungkiri tetap terdapat beberapa kali mendapat kesulitan dalam menghadapi tenaga yang besar dari sang sapi.

Terlihat tim jagal yang berusaha mengikatkan tali tambang di tubuh si sapi sempat mendapat perlawanan. Sapi sempat meronta-ronta bagaikan banteng yang siap menyeruduk.

Namun berkat tim jagal yang sudah berpengalaman lebih, mereka mampu menahan si sapi untuk dapat bergerak lebih leluasa. Tidak lama setelah tim jagal berhasil mengikatkan tali ke tubuh hewan kurban yang besar itu, akhirnya sapi tersebut bisa dirobohkan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS